8 Cara Ampuh Membasmi ‘ Wasir Luar’ Secara Mandiri!


Anda Menderita Wasir ?
Jangan panik coba 8 perawatan mandiri yang ampuh menurut ahlinya


Wasir atau ambeien merupakan salah satu jenis penyakit yang banyak diderita oleh orang Indonesia. Penyakit dengan nama lain hemorrhoid ini sangat mengganggu aktivitas penderitanya. Terlebih lagi jika wasir ini sudah memasuki kondisi yang sangat parah yang ditandai dengan adanya penonjolan keluar dari lubang anus. Inilah yang disebut dengan wasir luar.

Wasir luar memiliki aneka gejala yang bervariasi, tergantung kepada seberapa parah penyakit tersebut diderita. Beberapa gejala umum yang biasa dirasakan antara lain berupa timbul benjolan di daerah anus, rasa gatal dan nyeri di sekitar anus, dan terdapat darah pada tinja.

Jika gejala wasir luar ini sudah dirasakan, maka tidak ada salahnya anda mencoba delapan tindakan di bawah ini sebagai penanganan awal.

1.     Makan makanan yang kaya serat dan cairan
Makanan yang baik untuk penderita wasir adalah yang mengandung banyak serat dan cairan, gunanya untuk menjadikan tinja lebih lembut dan mengurangi tekanan pada wasir. Penambahan suplemen serat juga bisa digunakan jika diperlukan. Mengonsumsi serat dapat ditingkatkan secara perlahan-lahan, karena kelebihan serat juga bisa menimbulkan perut kembung. Gandum utuh, brokoli, polong-polongan, dan buah-buahan segar adalah berbagai makanan yang mengandung banyak serat.

2.     Jangan menunda keinginan untuk BAB
Menunda keinginan buang air besar dengan alasan menunggu waktu yang nyaman, dapat berbahaya terutama bagi penderita wasir. Hal tersebut dapat membuat tinja berkumpul makin banyak, sehingga menambah tekanan dan tegangan pada wasir. Oleh karena itu, menjadwalkan buang air besar secara teratur dapat meringankan kondisi penderita wasir.

3.     Menggunakan air hangat untuk berendam
Merendam bokong dan pinggul menggunakan air hangat bisa membantu meringankan keluhan pada wasir, dengan mengurangi rasa gatal, iritasi, dan kejang otot anus. Caranya mudah saja, cukup duduk di bak mandi yang berisi air hangat hingga sebatas pinggang. Lakukan hal tersebut selama 20 menit setelah buang air besar, sebanyak 2-3 kali sehari. Jangan lupa, keringkan daerah anus dengan lembut setelahnya.

4.     Olahraga secara teratur
Melakukan olahraga secara teratur se_daknya 20-30 menit tiap hari juga dapat bermanfaat positif bagi penderita wasir. Berolahraga dapat membantu merangsang gerakan usus sehingga tinja lebih mudah keluar. Jenis olahraga yang direkomendasikan adalah olahraga aerobik, misalnya jalan cepat.

5.     Mengoleskan obat
Wasir luar dapat juga diobati dengan menggunakan krim dapat membantu meringankan rasa sakit. Untuk tujuan meredakan nyeri, krim yangdigunakan biasanya yang mengandung anestesi lokal. Krim yang mengandung hidrokortison juga efektif dalam meredakan nyeri dan peradangan. Namun, pemakaian krim hidrokortison sebaiknya tidak lebih dari 7 hari, karena bisa menyebabkan penipisan kulit.

6.     Menempelkan es dan duduk di tempat empuk
Untuk meredakan nyeri dan pembengkakan pada wasir, menempelkan es yang dibungkus kain di daerah anus juga bisa dilakukan. Selain itu, duduk di atas permukaan yang empuk, misalnya di atas bantal, bisa membantu mengurangi pembengkakan wasir. Duduk di tempat yang empuk juga bisa mencegah terbentuknya wasir baru.

7.     Jangan mengejan terlalu kuat saat sedang BAB
Tegangan dan tekanan berlebihan bisa menyebabkan perdarahan dan nyeri pada wasir. Ini biasanya disebabkan oleh mengejan terlalu kuat saat buang air besar. Kondisi lain yang biasanya membuat seseorang mengejan dan meningkatkan tekanan dalam rongga perut adalah mengangkat benda yang terlalu berat, batuk, atau sedang hamil. Agar wasir tidak memburuk, maka hal-hal yang menyebabkan menegangnya wasir harus dikurangi atau dihilangkan.

8.     Hentikan pembekuan darah
Rasa nyeri yang menyiksa akibat wasir luar bisa makin menjadi-jadi saat terbentuk bekuan darah. Pembekuan darah ini bisa dihilangkan degan menyuntikan obat penghancur bekuan darah di wasir atau skleroterapi,pemberian obat-obatan oles, atau dengan operasi hemoroid.

Semoga cara di atas bisa menjadi solusi tepat dalam mengobati wasir luar anda. Akan tetapi, jika terjadi pendarahan di anus yang disertai pusing atau pingsan, ada baiknya anda mengunjungi dokter untuk mendapatkan tindakan medis sebelum kondisi semakin buruk. Salam sehat

Sumber : alodokter.com  dengan perubahan seperlunya dan menyesuaikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Responses to "8 Cara Ampuh Membasmi ‘ Wasir Luar’ Secara Mandiri! "

Terima kasih telah berkunjung di website kami