Pengalaman LOLOS Beasiswa VLIR UOS Belgia 2018- Part 2

KRITERIA SELEKSI VLIR UOS 2018

Sebelumnya di artikel : 

Perkenalan DENGAN bEASISWA VLIR UOS 



Ada beberapa kriteria yang bisa saya highlight yang digunakan dalam tahapan seleksi secara umum  Beasiswa VLIR UOS  :
a)     Kecakapan akademik dan prestasi penunjang lainnya. Dapat dibuktikan dengan melampirikan bukti scan/PC sertifikat akademik ( kejuaraan nasional maupun internasional) , organisasi, aktivitas social ( voluntary) serta keahlian lainnya yang bisa menunjukkan softskills yang dimiliki termasuk leadership ( kepemimpinan) dapat dinilai dari sini.
b)     Daerah asal pelamar masuk negara prioritas ( 31 negara berkembang) yang bersala dari Benua Afrika, Asia, dan Amerika Latin
c)      Gender, beasiswa ini relative akan membuat formasi keseimbangan kandidat laki-laki dan perempuan, namun ada yang mengatakan bahwa “ wanita “ cenderung diprioritaskan untuk diterima (  saya rasa point ini  tidak terlalu menjadi masalah), namun pelamar laki-laki jangan berkecil hati, yang terpenting adalah kualitas pelamar. Usia maksimum 35 tahun pada saat memulai master .
Note : Namun sejak tahun 2018  ( tahun seleksi saya) usia sudah tidak menjadi kriteria utama lagi dalam proses seleksi namu lebih kepada kualitas secara keseluruhan dari kandidat .Kemungkinan tahun-tahun selanjutnya akan seperti itu juga.
d)  Pengalaman professional kandidat sangat diperhatikan yang berkaitan dengan jurusan yang dipilih, beasiswa ini memprioritaskan kandidat yang bekerja di institusi kedinasan/pemerintah ( PNS), NGO, lembaga penelitian, lembaga yang bergerak di bidang sosial ekonomi, bahkan pekerja dari lembaga swasta sekalipun bisa mendaftar , bahkan fresh graduate ( baru lulus sarjana)  tanpa pengalaman pun dapat mendaftar beasiswa ini dengan syarat mampu menunjukkan “ motivasi “ yang tinggi. Bahkan tidak jarang fresh graduate dengan pengalaman asisten dosen saja sudah cukup untuk menjadi syarat dalam seleksi beasiswa ini ( tentunya didukung oleh aspek lainnya misalnya prestasi akademik/IPK tinggi dan prestasi non-akademik lainnya ).
Analisis saya pribadi  adalah kandidat yang masuk kategori ini, harus bisa menunjukkannya dalam motivation letter /statement of purpose yang “ extraordinary “ pada saat melamar beasiswa. Mungkin ini juga yang membuat saya sampai tahap ini.
Selain syarat utama , ada juga beberapa syarat  KHUSUS yang perlu diketahui  sebelum apply beasiswa ini yakni :
ü   Penerima beasiswa ini diproritaskan bagi penerima yang belum pernah mendapatkan beasiswa Master dari negara maju ( developed country), dalam hal ini sudah mendapatkan gelar Master (S2) dari universitas sebelumnya
ü      Penerima beasiswa VLIR UOS  khusus ICP-Master yang telah memperoleh gelar S2 tidak diperkenankan mendaftar lagi dijenjang yang sama. Beasiswa ICP Master/Ph.D  dan ITP masing-masing hanya diberikan “ 1x” saja dari VLIR UOS dan hanya diperbolehkan mendaftar satu program saja baik ICP /ITP dalam 1 tahun tersebut.
ü      Penerima VLIR UOS –yang sudah menerima beasiswa pelatihan singkat short course ( ITP) , diperbolehkan melamar ICP atau sebaliknya , selama program tersebut memiliki keterkaitan satu sama lain
ü      Memungkinkan lanjut PhD/Doctoral Degree melalui beasiswa VLIR UOS  bagi LULUSAN ICP yang memenuhi syarat.
ü      Kandidat penerima beasiswa diwajibkan belum pernah terdaftar sebagai mahasiswa S2 di negara Belgia baik dengan atau tidak dengan melalui pembiayaan beasiswa
Berikut Book Manual Proses Seleksi VLIR UOS Intake 2018 DISINI
Berikut email kelulusan beasiswa kalau sudah dapat ini (wah rasanya prjuangan terbayarkan) Alhamdulillah! 



Baca Artikel selanjutnya : CARA MENDAFTAR VLIR UOS 

0 Response to "Pengalaman LOLOS Beasiswa VLIR UOS Belgia 2018- Part 2"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Coba Perhatikan Ini!

loading...