Pengalaman LOLOS Beasiswa VLIR UOS Belgia 2018 - Part 1

Mari Berkenalan dengan VLIR UOS  - Beasiswa Belgia 2018 Part 1


 Berikut beberapa universitas Top di Belgia yang menjadi sasaran penerima beasiswa VLIR UOS 
                   Sumber : Google (VLIR UOS)



Sumber : Google , Ghent University ( Top Research University) 


Sumber : Google , Antwerp  University 


                                               Sumber : Google , VU  Brussels 


                               Sumber : Google , KLeuven University ( the oldest university) 

Tahun  2017 pasca kepulangan dari negeri Kincir Angin , Delft ,  Belanda . Saya kembali memburu beasiswa sejak “ resmi” menggelari diri sendiri sebagai scholarship hunter. Ya itulah sematan diriku, “ sang pemburu beasiswa “ sejak kapan? Sejak  tahu potensi diri bahwa saya “ sedikit” agak “ pintar” melamar beasiswa. Kira-kira sejak kuliah S1 di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.  Hampir keseluruhan urusan finansial perkuliahan saya diperoleh dari beasiswa ( Alhamdullillah wa syukurillah )


Menurut hemat saya beasiswa apapun itu, “ kepintaran “ dan “segudang prestasi tidak serta merta menjadi” warrantee”untuk mencicipi indahnya sekolah gratis baik dalam maupun luar negeri  namun “ tips ‘n tricks points also efforts ” harus menjadi patokan dalam berburu beasiswa.


Tanpa berpanjang lebar mari kita telisik secara terperinci beasiswa yang saya lamar baru-baru ini  dan bagaimana prosedurnya . Secara umum tahapan beasiswa VLIR UOS ini saya bagi ke dalam 4 tahapan penting :

Yakni  :


1.    Tahapan Riset ( Cari-cari informasi) yang bisa ditanyakan ke Mbah Google

2.    Persiapan  dokumen dan aplikasi

3.    Mengikuti tahapan selanjutnya jika lolos shortlisting ( jika semisal diminta untuk wawancara atau crosscheck lanjutan jika  terpilih sebagai nominasi ,sesuai dengan institusi dan program yang biasa disebut ICP (International Course Program) yang dilamar yang hanya tersedia di beberapa universitas/institusi saja di daerah Flanders= Berbahasa resmi Belanda dan daerah South yang berbahasa Perancis . Beberapa institusi mengadakan wawancara/crosscheck lanjutan  dan ada juga yang hanya seleksi dokumen saja.

4.    Tahap terakhir ber-tawakkal dengan Takdir Tuhan/Allah



Mudahkan ya prosesnya ? Bagaimana berminat apply ? but wait, prosesnya tidak hanya sampai disitu  itu, mari kita lanjutkan….

Mari kita ulik satu per satu ( berdasarkan pengalaman saya pribadi) :

1.    TAHAPAN RISET
Hal yang pertama saya lakukan adalah “ research” : riset atau investigasi terhadap jenis beasiswanya.  Saya membuat skala prioritas kriteria sebelum apply beasiswa . Hal pertama  yang saya lihat adalah “ siapa” pemberi beasiswa kemudian”, apa yang ditawarkan (negara, popularitas,  kualitas pendidikan, kecocokan jurusan, living allowance ( tunjangan beasiswa/nominal), family allowance/supplement  yang juga penting bagi yang sudah berkeluarga , sifat beasiswa full ( penuh)  atau parsial ( paruhan) dan serta  “ kesesuain “ dan  potensi “ saya jadi calon awardee-nya  ( memantaskan diri untuk diterima juga jurus ampuh dalam memantapkan kelayakan diri kita agar kita menjadi “ strong” kandidat , mengingat beasiswa ini adalah beasiswa kompetitif. 

Mungkin peluang juga butuh diperhitungkan , seperti seberapa banyak kuota penerima beasiswa, tentu semakin banyak kuota semakin besar peluang kita untuk diterima. Walaupun begitu, jika anda percaya dengan profil yang anda miliki kuat , silahkan tetap mencoba, rejeki kita siapa yang Tahu, kecuali Allah subhana wa ta ala.

Setelah saya crosscheck di web resmi VLIR UOS saya akhirnya mengerti seluk beluk beasiswa tersebut. VLIR UOS adalah beasiswa dari Flemish government ( Pemerintah Belgia)  secara spesifik dari Kementerian Pembangunan dan Kerjasama Belgia  ( The Belgian Development and Cooperation) , disingkat DGD yang ditujukan untuk negara –negara berkembang  ( developing countries) termasuk Indonesia ( Alhamdulillah). Beasiswa selain menyediakan study Master (S2) juga memberi beasiswa short course yakni ITP ( International Training Program) berupa pelatihan selama 2 minggu- 3 bulan  dengan program pelatihan spesifik juga .

Target beasiswa  ini adalah kandidat dari daftar 31 negara berkembang. Tentu hal ini di satu sisi sangat menguntungkan karena kita akan bersaing dengan “ sesama negara berkembang” sehingga persaingan mungkin tidak seberat beasiswa lain. Namun , jangan menganggap remeh atau menyepelekan “persaingan “ ini, karena yang diterima biasanya hanya 12 orang saja di setiap program Master yang sudah ditentukan selengkapnya dapat dilihat di Program List of VLIR UOS 

Tiap tahun melihat trend dari tahun ke tahun hanya 1-3 orang yang diterima per negara per program  , tentu ini semacam “ tantangan “ sebagai  sisi lain dari beasiswa ini , namun ini juga bukan sebuhah patokan beasiswa ini juga tidak secara detail menjelaskan hal demikian, sekali ini murni dari pengamatan penulis ( lebih jelasnya bisa buka sendiri di website resminya) .

Khusus Indonesia sendiri, rata-rata yang quota diterima  5-12  per tahunnya , namun fakta di lapangajn banyak yang belum mengetahui beasiswa ini. Info dari salah satu awardee VLIR UOS Intake 2017 bahwa total yang diterima hanya 12 orang saja yang tersebar di seluruh universitas rujukan VLIR UOS di tahun itu , jadi mirip –mirip  formasi PNS ( semacam penempatan kursi CPNS di kementrian gitu hehe) yang  diseleksi dengan sangat ketat juga . Dengan demikian kita  patut bersyukur dan berbangga jika diterima sebagai “ main List “ shortlisted dari beasiswanya  (penjelasannya ada DI SINI

Info VLIR UOS 2017 -Salah satu awardee bisa di kunjungi VLIR UOS 2017-Intake 

Dari total 31 negara berkembang yang menjadi sasaran beasiswa ini yakni tersebar di tiga benua Afrika ( relative  diprioritaskan) , Asia dan Amerika Latin , tentu teman-teman bisa membayangkan betapa ketatnya seleksi yang dilakukan oleh pihak panitia (semua dijelaskan secara rinci di web resminya) .

Pada dasarnya beasiswa VLIR –UOS sudah satu paket dengan pendaftaran di universitas yang akan dituju, dimana tahapnya kurang lebih seperti di bawah ini :
1.    Melakukan registrasi/pendaftaran pada program yang ingin dituju hingga mendapatkan official  admission letter setelah mengirimkan dokumen yang sudah dilegalisasi oleh Kedutaan Belgia dan dokumen pendukung asli /PC lainnya . Untuk tahap saya ada proses pre-admission/ screening awal dari Faculty of Science, Jurusan Agro-and Environmental Nematology di Faculty of Science, Ghent University yang harus disetujui oleh kepala jurusan tersebut apakah layak atau tidak secara akademik ( academic eligibility)  sekaligus akan digunakan dalam proses shortlisting. Info detail proses dijelaskan DI SINI.

2.  Selanjutnya proses shortlisting sekaligus pengumuman siapa penerima beasiswa, akan dikirim via email sekitar 3 bulan setelah semua proses pendaftaran. Kecuali pada  Program Nematology UGhent ( daftar pendek) dari pihak kampus ( course organizers) terlebih dahulu  biasanya akan merangking kandidat dengan format A-B lists , di mana A = shortlisted main list yakni kandidat utama dan B = short listed reserves yang berarti cadangan. Biasanya formasi A-B = 12-12. Jika anda terpilih sebagai main list di top 12 , mungkin peluangnya sudah sangat besar untuk diterima kecuali ada perubahan dari pihak VLIR UOS dengan berbagai alasan tertentu. Di jurusan nematology yang saya apply prosesnya memang beda sendiri , selain pre-admission seperti nomer 1 di atas , juga ada proses wawancara yang juga bisa turut mempengaruhi nilai/skor walaupun telah terpilih di shortlisted bahkan di main list sekalipun. Wawancara ini  sekedar mengecek motivasi peserta secara eksklusif  oleh Ketua Program dan Profesor terkait jurusan kita , untuk beberapa hal yang tertuang di form yang kita sudah submit ). Tahap selanjutnya adalah pengiriman syarat dokumen ke Ghent University ( baca disini)

*Note : Perlu diperhatikan bahwa pendaftaran kampus dan beasiswa VLIR UOS adalah satu hal yang berbeda namun satu kesatuan , jadi yang saya bahas disini hanya penjelasan beasiswa saja, adapun pendaftaran kampus saya jelaskan secara  detail di part blog lainnya.

Artikel terkait : KRITERIA SELEKSI VLIR UOS 2018

7 Responses to "Pengalaman LOLOS Beasiswa VLIR UOS Belgia 2018 - Part 1"

  1. sedikit agak pintar.. haha.
    lu mah udah excellent, expert Shan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Please comment isiny hehe
      tapi amin ya smga expert/excellent beneran...

      Delete
  2. Kanda aksan, bisaka minta alamat email/kontak wa? sy mau tanya-tanya tentang beasiswa VLIR-UOS ini. Sy didiq, dari makassar. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya balas ya silahkan dihubungi langsung ya

      Delete
  3. Gan saya mau bertanya.. dengan Dana yang didapat dari vlir uos ini apakah mencukupi untuk peserta, jika membawa keluarga (istri Dan 1 anak?) Apakah Ada rekan PPI belgia yang sudah berkluarga dan mengajak keluarganya? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk hal ini memamg sebelumnya vlir uos (terakhir tahun 2017) ada tunjangan keluarga sekitar 90€ (namun sekarang sudah dihapuskan jadi murni 1150 €/bulan..

      Untuk master vlir memang tidak dianjurkan membawa istri dan anak tapi kalau mas/mbak berkeinginan membawa keluarga berarti siap memsubsidi keluarga ( stdknya setengahnya)

      Semoga menjawab ya

      Delete
    2. Tambahan 90€/pee kepala dulu (2017) mulai tahun 2017 sudah dihapuskan

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Coba Perhatikan Ini!

loading...