Dahsyatnya Berfikir Positif !


Pemilik hak cipta: Edu_Spirasi
Mari Berfikir Positif 


Seringkali kita dalam hidup selalu fokus dengan sebuah masalah , tapi kita lupa untuk tersenyum dan berfikir positif. Pernahkah anda dalam keadaan sangat  kesal , lalu dengan fikiran yang lagi “ tegang” tiba-tiba muncul ide yang lain, ada bisikan “ sepertinya kayaknya hari ini saya akan memperoleh keuntungan dari usaha saya” . Maka sontak, kita kan lupa akan kekesalan itu. Ya betul sekali kita harus fokus dengan hal yang positif di sekitar kita. Disini penulis sangat menyarankan “ positivisme “ yakni pola berfikir positif dengan segala hal atau fenomena yang terjadi.
Lalu apa manfaat berfikir positif , berikut 7 manfaat yang bisa diperoleh dari kegiatan berfikir positif ;
1.      Menyehatkan jiwa
Selalu berfikir positif setiap waktu akan menyebabkan jiwa semakin tenang. Jiwa itu senang dengan hal yang berbau positif dan baik. Jiwa terkait dengan emosi. Emosi terkadang lepas kontrol dan mudah untuk meledak sehingga berwujud menjadi amarah. Orang yang kerap marah/emosi dan kecewa gampang terkena penyakit karena kondisi imun tubuh semakin turun. Jiwa yang sehat juga mudah berbahagia, sehingga secara tidak langsung juga akan menciptakan pribadi yang menyenangkan di mata orang lain.  


Pemilik hak cipta: Edu_Spirasi
2.      Membuat fisik semakin kuat
Dalam jiwa yang sehat, terdapat raga yang kuat. Tubuh kita adalah satu kesatuan antara raga dan jiwa. Dua komponen ini harus dalam keadaan seimbang. Oleh sebab itu, berfikir positif disini sangat bermanfaat dalam menjaga “ balance” itu.
3.      Memperbaiki hubungan sosial
Apa penyebab suatu perselisihan. Salah satunya adalah minimnya saling tepa salira atau toleransi dalam menerima perbedaan. Jika kita memiliki fikiran yang positif , kita tidak akan mudah menuduh yang tidak-tidak. Bahkan terkadang, sudah jelas orang yang berbuat kesalahan kepada kita, kita masih mampu memaafkan. Menaruh dendam hanya akan merusak diri kita sendiri. Memaafkan adalah kunci utamanya. Kata maaf memang hanya sebuah kata saja namun sarat makna. Maaf yang disertai fikiran positif akan menjaga kita dari “ bisikan” setan yang hanya akan menggiring kita untuk saling berselisih.  Positive thinking ( berfikir positif) mutlak diperlukan untuk menjaga hubungan dengan orang banyak yang penuh keragaman.
4.      Membuat hubungan semakin langgeng
Jika kalian menjalin hubungan dengan orang lain, berfikir positif suatu kunci sukses mempertahankannya. Penyebab terbesar rengganngnya hubungan pasangan atau pertemanan, salah satunya adalah tidak ada saling pengertian. Apa hubungan antara saling mengerti dan berfikir positif. Tentu saja sangat erat hubungannya, “ curiga” adalah masalah utama, yang biasanya didasari  oleh lemahnya “ kepercayaan “ satu sama lain. Dengan berfikir positif , kecurigaan kita gampang pupus, sehingga membuat hubungan semakin erat, dan terhidnar dari saling cemburu dan curiga. Sebagai dampaknya , hubungan semakin harmonis.
5.      Mudah mewujudkan mimpi dan cita-cita
Pernahkah anda membaca buku yang fenomenal yang berjudul “ The Secret” , di buku tersebut dijelaskam bahwa berfikir positif akan mempermudah jalan kita menuju cita-cita. Fikiran positif akan memicu alam , memberi aura positif dalam mendukung kita mencapai cita-cita yang diistilahkan “ semesta mendukung” , atau bahasa kerennya “ mestakung”. Berfikir positif dalam hal ini bisa juga disebut “ optmis” bahwa segala usaha yang baik akan menghasilkan sesuatu yang baik pula.
6.      Gampang memperoleh kawan
Tahukah anda apa yang membuat Bill Gates kaya raya, jawabannya karena “ jaringan” yang dibahasakan olehnya sebagai jalinan pertemanan yang baik. Orang yang selalu berfikir positif akan membuat orang mudah mendapatkan teman, menjadikan dia pribadi yang menyenangkan dan disegani. Orang yang selalu berfikir positif akan membuat orang senang dekat berlama-lama dengannnya.
7.      Tidak mudah dipengaruhi lingkungan
Alangkah hebatnya jika kita mampu menciptakan lingkungan yang tenteram. Sebaliknya alangkah tidak baiknya jika kita membuat lingkungan resah karena keberadaan kita. Berfikir positif akan mempermudah diri kita beradaptasi dengan lingkungan yang baru, pertemanan yang baru, lingkungan kerja yang baru. Orang dipatuhi dan ditaati sebagai pemimpin karena “ kebersahajaan” nya . untuk menjadi bersahaja , kita perlu memiliki kemampuan “ berfikir positif”.
Bagaimana sobat apakaha kepala anda sudah ringan ? Semoga masalha anda hari ini pupus dan semakin baik hidupnya di hari-hari selanjutnya.

Sumber : Edu_Spirasi 

0 Response to "Dahsyatnya Berfikir Positif !"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Coba Perhatikan Ini!

loading...