Dahsyatnya Berguru pada “ Air ”

Belajar dari Sifat Air 
Tahukah anda bahwa tubuh kita tersusun atas sebagian besar air. Begitupun dengan makhluk disekitar kita , tanaman pun tersususun atas air dan bahnyakhal lainnhya disekita kita yang akan " terhenti" tanpa adanya air .
Kali ini penulis akan membahas tentang “ filosofi “ air, banyak sifat air yang patut kita contoh sebagai manusia biasa , sebagaimana berikut ini :
1. Air berjuta manfaat
Coba kita renungkan betapa banyak manfaat dari air itu sendiri. Air menjadi penyusun terbesar ditubuh makhluk hidup, bahkan tubuh kita tersusun atas 70 air yang tanpanya darah kita akan kekurangan oksigen. Tanaman tanpa air maka tidak akan pernah menghasilkan bahan makanan bagi makhluk hidup lainnya. Air membuat kita tidak dehidrasi sehingga dijauhkan “ syndrome” mematikan tersebut. Air membuat segalanya mudah tercampur secara homogeny dan padu padan. Air , air, air engkau begitu bermnafaat yang telah diciptakan Tuhan untuk semua makhluk penghuni jagad raya. Membahas manfaat air tidak akan pernah habis. Bahkan “ diri” kita dasarnya terbentuk dari air yang luar biasa dahsyatnya dalam bermetamorfosis. Namun kadang kala kita “ sombong “ terhadap air itu.
Di sini kita seyogyanya belajar dari sifat air tersebut, bukankah “ manusia yang terbaik itu adalah manusia yang paling bermanfaat ?
2. Air fleksibel

Sumber : images.designtrends.com
Pernahkah kita memperhatikan betapa luar biasa fleksibel komponen air itu. Air jika berada di lautan maka dia akan berbentuk terhampar luas dan terlihat menyejukkan. Jika dia diletakkan dalam wadah mangkuk , seketika itu juga akan berbentuk mangkuk. Jika dimasukkan dalam saluran pipa, maka dia pun mengikuti segala bentuk apapun itu. Betapa cepat dan mudahnya serta luar biasanya air dalam beradaptasi terhadaap lingkungan sekitar. Bagaimana dengan manusia,
3. Air selalu mencari tempat terendah
Air itu selalu mencari tempat terendah, dimanapun dia berada akan selau mengalir dan akan tenang di titik terendahnya. Pada suatu waktu air berada di ketinggian, tapi tahukah apa yang terjadi di posisi itu. Air sangat terlihat tidak nyaman, dia akan memberontak dan akan terus memilih untuk berada di bawah.
Tapi apakah posisi yang terednah itu, dia terbuang sama sekali tidak, air itu ternyata menyusun diri untuk bisa dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh penghuni bumi. Diserap oleh akar tanaman, menjadi habitat hewan air, menjadi sumber mata air, dan sebagainya.
Apa yang bisa kita petik , ternyata manusia itu butuh merendah agar lebih bermanfaat, tatkala kita selalu meninggikan diri maka disitu pula kita akan binasa. Sama halnya air yang berada di ketinggian karena di bending dari aliran terednahnya, suatu dinding itu akan roboh , hancur, dan air “ mengamuk”. Namun di lain waktu dia akan mampu “ memadamkan” kobaran api di titik terendah itu. Mendarat membasahi bumi yang “ kepanasan”.
4. Air selalu datar namun mampu berbelok menghindari tubrukan
Air akan selalu datar secara ilmiah karena konsep sifat iar itu sendiri yang berbentuk cairan, ini sudah disepakati dunia. Namun pernahkan anda perhatikan dan cermati. Bahwa air yang begitu bermanfaat ini , memiliki karakter datar dan lurus di permukaannya. Secara filosofis, datar itu bisa dimaknai sbagai sesuatu yang lurus yang sebijak manusia, mencontoh “ datar” dan lurusnya jalan hidup yang ditempuh. Lurus berarti tidak menyimpang. Lain lagi sifatnya, di saat dia melalui batu-batu cadas, tetap saja akir dapat melalui rintangan itu. Tidak cukupkah kita belajar dari air ini?
5. Air jernih pun netral

Sumber : images.designtrends.com
Air yang paling layak diminum adalah air yang netral , tidak berasa berbau dan berwarna. Alangkah mulianya jika bisa mencontoh sifat air ini. Manusia yang netral akan disenangi banuak orang, bukankah kita sama-sama manusia biasa. Berharaap dari sifat air terakhir ini tidak akan ada lagi sifat “angkuh “ manusia yang diskriminatif dan membedakan manusia berdasarkan harta dan sebagainya .
Belajarlah dari air, disitu engkau menemukan ketenangan !
5 contoh di atas tidak cukup untuk belajar dari AIR , silahkan anda fikirkan sendiri betapa dahsyatnya air sebagai tempat berguru.
Sumber : www. arrasyid261.blogspot.co.id/2011/02/belajar-dari-air.html

0 Response to "Dahsyatnya Berguru pada “ Air ”"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Coba Perhatikan Ini!

loading...