PAKAI PASTA GIGI SENSITIF, PENTINGKAH?





Apakah anda pernah merasakan gigi ngilu saat menyantap makanan atau minuman yang panas atau dingin? Jika iya, berarti kemungkinan anda sedang nengalami yang namanya gig sensitif. Gigi sensitif merupakan kondisi ketika muncul sensasi ngilu dan nyeri pada gigi. Gigi sensitif dapat terjadi sementara atau dalamjangka panjang, baik dalam satu gigi maupun beberapa gigi.

Jika anda termasuk salah satu yang menderita gigi sensitif, maka anda perlu menggunakan pasta gigi khusus untuk mengatasi rasa ngilu dan nyeri pada gigi anda. 

Sedikit penjelasan mengenai gigi

Gigi terdiri atas 4 lapisan, yaitu enamel (email), dentin, cementum, dan pulpa. Lapisan gigi yang terluar adalah enamel. Enamel merupakan lapisan keras pada permukaan gigi yang berfungsi untuk melindungi gigi. Di bawah enamel, terdapat dentin yang merupakan jaringan gigi dengan jutaan lubang kecil. Di bagian dalam gigi, terdapat pulpa yang terdiri dari banyak pembuluh darah dan saraf. Ketika enamel terkikis, suhu panas atau dingin dapat dengan mudah mencapai dentin dan mengenai pulpa yang sensitif terhadap rangsangan. Akibatnya, gigi akan terasa ngilu. Terkadang, makanan manis atau asam pun bisa menimbulkan sensasi gigi ngilu. Selain karena terkikisnya email gigi, keluhan gigi sensitif juga bisa terjadi akibat plak gigi, tambalan gigi yang rusak, gigi retak, atau penyakit gusi. suhu panas, dingin, atau zat kimia tertentu.

Apakah yang dimaksud pasta gigi khusus gigi sensitif?
Salah satu cara untuk mengobati gigi sensitif adalah dengan memakai pasta gigi khusus gigi sensitif. Pasta gigi ini bekerja dengan cara menambal lubang-lubang kecil pada dentin. Kandungan partikelnya dengan ukuran sangat kecil (nanopartikel) bisa menembus lapisan gigi dan menyumbat lubang pada dentin. Jadi, makanan dan minuman tidak akan langsung mengenai saraf gigi.

Kandungan lain dari pasta gigi ini adalah mineral yang dapat melapisi permukaan gigi, sehingga gigi menjadi lebih tahan terhadap serangan zat asam. Dengan begitu,
sensasi ngilu tidak akan anda rasakan saat menyantap makanan yang panas, dingin, atau asam.

Yang perlu anda ketahui kemampuan pasta gigi khusus gigi sensitif ini
dalam mengatasi ngilu bergantung pada penyebab gigi sensitif. Pasta gigi ini mungkin tidak akan efektif untuk mengatasi gigi ngilu yang disebabkan oleh gigi berlubang atau infeksi gusi.

Perbedaan Pasta Gigi Biasa dan Pasta Gigi Sensitif
Pasta gigi biasa
Kandungan flouride dalam pasta gigi biasa berfungsi untuk mencegah gigi berlubang dan memiliki cara kerja sebagai berikut:
Menggantikan kadar mineral yang hilang pada lapisan pelindung (email) gigi.
Melapisi dan melindungi email gigi dari asam dan bakteri serta mengcegah pembusukan gigi.
Memilki sifat antibakteri yang dapat mencegah bakteri menempel pada gigi dan gusi, serta menghambat pertumbuhan bakteri
Pasta gigi khusus gigi sensitif

Cara penggunaan pasta gigi khusus gigi sensitif adalah dengan cara mengoleskannya terlebih dahulu ke permukaan gigi, setelah beberapa menit sikat gigi seperti biasa minimal dua kali sehari dan gunakan benang gigi minimal sekali sehari.

Jangan hentikan pemakaian walaupun rasa ngilu pada gigi sudah reda dan usahakan sikat gigi anda menggunakan sikat gigi berbulu lembut. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, ada baiknya anda menghindari makan dan minum yang panas maupun dingin

Jika anda telah mematuhi peraturan yang telah disebutkan tadi dan gigi anda masih terasa ngilu, ada baiknya anda mengunjungi dokter gigi untuk pemeriksan lebih lanjut. Dokter gigi bisa melakukan perawatan saluran akar gigi, penambalan gigi (jika terdapat gigi berlubang), atau menambal permukaan gigi dengan zat khusus untuk memperkuat lapisan gigi.

Sumber: Alodokter dengan perubahan seperlunya



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "PAKAI PASTA GIGI SENSITIF, PENTINGKAH? "

Post a comment

Terima kasih telah berkunjung di website kami

Iklan Atas Artikel

Earn Money

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...