7 Cara Ampuh Mewujudkan Mimpi Versi Akhsan Srojan


Follow your Dreams 😊😊😊

Berhubung karena banyaknya sobat  yang bertanya via inbox FB/Whatsapp dan sebagainya, tentang tips dan trik bagaimana saya berjuang meraih mimpi mulai dari mimpi kecil hingga besar dan bagaimana langkah menjaga mental seorang “ dreamer” berikut langkah strategis untuk menggabungkan keduanya.  

Baik, berikut saya paparkan satu persatu tips dan trik serta langkah untuk menjaga mentalitas seorang pejuang “ mimpi”

Berdasarkan pengalaman yang telah, sedang dan akan saya saya “ arungi “ selama memperjuangkan “ api” mimpi yang tiada henti. Ada beberapa pemetaan karakter yang saya terapkan sehingga bisa dan terus berjuang hingga titik ini.
1.       BELIEVE = KEYAKINAN

Berbicara masalah keyanikan tentu sobat sudah sangat mengerti ketika kita yakin sesuatu akan  terjadi dan didukung oleh faktor yang lainnya maka kemungkinan besar itu akan sungguh  “ terjadi”  dan terwujud. Fakta di lapangan , kebanyakan para pemimpi di luar sana cenderung banyak “ ragu” dan terpegaruh oleh lingkungan sekitarnya yang tidak cukup mendukung mimpi yang mereka punya. “ Believe” disini saya artikan sebagai “ keteguhan” hati seorang pejuang mimpi dalam meraih cita-citanya. Ketika pertama kali memutuskan untuk “ bermimpi” baik kecil maupun besar saat itu juga semua hal berkaitan dengan mimpi tersebut diimajinasikan /divisualisasikan dan diyakini akan terwujud. Hal ini seyogyanya bersifat kontinyu ( terus-menerus) dan konsisten.

Secara konkritnya, berdasarkan pengalaman saya ( kala itu) banyak sekali mimpi kecil saya yang terwujud yang ternyata itu adalah bagian dari mimpi besar saya yang terwujud akhirnya. Kala itu juga saya yakin jika mimpi kecil saya akan menjadi stimulator ( pemicu) lahirnya mimpi-mimpi lainnya.

Jika lebih disederhanakan lagi mimpi itu  berarti “ keinginan” jika sobat memiliki “ keinginan” tampaknya akan tidak asyik jika tidak direalisasikan. Mungkin juga akan menjadi “ duri” dalam tubuh kita, dan itu sakit jika tidak segera di keluarkan dari tubuh. Mungkin relatif  filosofis , namun begitulah faktanya.

2.     OPPORTUNITY = PELUANG

Setelah sobat meyakini akan mimpi yang teman punya , maka saatnya melihat peluang yang kita punya di lingkungan sekitar kita guna mewujdukan mimpi tersebut . Sejujurnya saya pribadi melihat peluang itu, “ sungguh amat luar biasa banyak”. Sekali lagi    sungguh amat luar biasa banyak” sayang jika sobat tidak memanfaatkan kesempatan emas ini. Semisal dalam berjuang mencari beasiswa baik dalam maupun luar negeri. Jika sobat setidaknya memiliki “ teknologi internet” , dan saya yakin “ pasti dan akan punya “ setelah membaca ini, maka “ peluang itu sudah di tangan sobat.
Secara konkrit coba praktikkan cara sederhana di bawah ini ;

Buka website “ INDBeasiswa.com
Atau  ketik di Mbah Google “ perjuangan beasiswa …..atau “ mendapatkan beasiswa …..dsb

Apa yang sobat dapatkan?  banyak sekali kan peluangnya  ? yang senyum-senyum sadar diri kalau selama ini mereka banyak membuang waktu untuk bermain game ( kecuali mau jadi pembuat game, sah-sah aja < pengecualian> dan sebagainya yang kurang produktif lebih baik ditinggalkan saja.  

Jadi kesimpulannya adalah kunci peluang itu ada di :

Google.com
Yahoo.com
Bing.com

Dan search engine (mesin pencari ) lainnnya , yang pastinya jaringan internet yang memdadai ya, karena semuanya butuh proses.

3.     INSPIRATION  = INPIRASI DAN MOTIVASI

Menurut pengalaman saya pribadi, salah satu sumber inspirasi kita adalah bercermin dari keberhasilan orang lain, terlebih jika itu adalah orang terdekat kita. Saya lebih memilih diinspirasi oleh orang disekitar saya , yang sudah kita kenal betul pribadi dan karakter yang dimiliki untuk menjadi sumber inspirasi dalam meraih mimpi. Dengan pola termotivasi dari orang terdekat, akan memudahkan kita dalam memetakan mimpi kita, setidaknya pola –pola yang diterapkan akan mudah ditiru atau bahkan “ dimodifikasi”

Bagaimana memutuskan mimpi dari yang “kecil” dulu atau “ besar “ dulu ?

Sebagai contoh banyak sekali teman saya yang mengidolakan Jokowi  karena ingin seperti beliau, jadi presiden blusukan katanya, lalu saya berfikir “ jika ada 100 juta laki-laki dari 250  juta orang di Indonesia bermimpi menjadi presiden apa ya logis ada pemilihan presiden sebanyak itu kandidatnya hehe. Terkadang mimpi disesuaikan dengan kapasitas yang kita miliki dan sejauh mana kita mampu untuk mewujudkannnya yang didukung oleh sumber daya yang kita miliki

Jujur saya dulu memiliki mimpi “ berenang “ dari satu pulau ke pulau lainnya dengan fikiran anak-anak saya secara saya dari kalangan kurang mampu dan berfikir beprgian dengan “ zero” cost = tanpa biaya .Kala itu saya meyakini  pasti ada dunia lain dibalik sekedar pulau Sulawesi , maklum ayah saya tidak pernah menceritakan itu dahulu, ( tentu ini hanya mimpi masa kecil )

Jika dinterpretasikan di usia dewasa maka menjadi saya “ bermimpi keliling pulau Indonesia “ ( ketika saya SMA saya mengatakan itu ) dan itu terwujud . Akhirnya ketika saya telah beranjak dewasa, akhirnya mimpi itu semakin eksklusif saya ingin “ keliling dunia” . Dari sini bisa dilihat bahwa  proses memulai untuk bermimpi berawal dari mimpi kecil. Faktanya , kebanyakan pemimpi langsung memulai dengan mimpi besar, akhirnya mimpi kecil pun susah diraih karena “ kapasitas” sumber daya belum siap  untuk itu. Saya tipikal orag yang percaya akan “ filosofi” anak tangga, yang hanya bisa dinaiki satu persatu hingga mencapai “puncak”.

Lalu saya mulai terinspirasi dengan orang-orang di sekitar saya , yang memiliki mimpi kecil , yang bagi orang lain itu adalah “ bukan “ mimpi hanya sekedar fasilitas dari Tuhan atau bos dan sebagainya.  Semisal, tetangga saya dikabarkan naik haji dan naik pesawat ke Mekkah ,  saat itu langsung bermimpi” saya ingin naik pesawat” ( karena belum pernah naik peswat)  . Bukan karena sekedar mimpi anak desa seperti saya , namun nilai filosofis difikiran saya, bahwa naik pesawat itu “ something special” = sesuatu yang berharga dan itu mimpi . Akhirnya betul semua mimpi itu tercapai bahkan saya mendapatkan lebih dari sekedar naik
 burung besi “ saja tapi menjadi “  naik pesawat Garuda ke Eropa” untuk pertama kalinya  . Its real…..Mission completed….

4.     SELF CAPACITY & CAPABILITY = REALISTIS

Jika menilik sisi realistis, terkadang saya melihat orang mengatakan “ kamu tuh kurang realistis” mimpi kamu itu terlalu muluk-muluk atau tidak masuk akal . Eits jangan langsung down dulu. Langsung lihat diri kita. Jika memang kita memiliki potensi itu , tidak ada salahnya untuk jalan terus. Sebaliknya jika memang faktanya “ kita belum pantas” maka kita “ berusaha untuk memanatskan diri” . Sobat harus ingat bahwa hidup itu berproses dan dinamis, yang berarti bahwa SEMUA MANUSIA MEMILIKI KAPASITAS DAN KAPABILITAS sendiri untuk berjuang meraih mimpinya masing-masing .



5.     BERANI = BRAVERY & SELF CONFIDENCE

Keberanian berbeda dengan “ nekat” , berani semestinya  didampingi dengan “ modal “ diri yang cukup. Bagi saya definisi dari berani adalah kemampuan untuk bertindak karena sebuah keyakinan yang disertai dengan kemampuan serta kepercayaan diri yang dimiliki. Jadi kurang tepat jika, melangkah dengan “ tangan kosong” dan bermodalkan “bondo nekat”=bonek , mungkin sekali dua kali itu berhasil tapi , percayalah itu tidak akan se-“ powerful” atau seberhasil  jika memang kita sudah memilki modal awal untuk melangkah.

Banyak pula orang yang mengandalkan kata  “ keberutungan”  dan “ rejeki”, dari sisi hitungan matematis itu betul dari sisi “ peluang”  mungkin ada karena “ kebetulan” dan factor X yang dating dari Tuhan ( Allah swt) , namun saya meyakni bahwa  factor lucky tidak terlepas dari kemanapun serta rencana yang matang dalam mengeksekusi mimpi-mimpi yang kita miliki.

6.     KERENDAHAN HATI =SINCERITY

Kerendahan hati juga sesuatu yang luar biasa dampaknya terhadap suksesnya diri kita dalam meraih dan mewujudkan mimpi. Bayangkan jika ada seorang yang sukses luar biasa, namun tidak menginspirasi orang lain , karena arogansi atau kesombongan diri yang  dimiliki, bahkan pada tingkat terparah “ orang tersebut “ juga malas berbagi atau bahkan menolak untuk berbagi. Ini K-E-T-E-R-L-A-L-U-A-N

 Ini fakta di  lapangan banyak orang yang memiliki “ ilmu” namun susah berbagi lantaran mereka  berfikir bahwa “ keberhasilan mereka atas usahanya sendiri, dan orang lain tidak ikut andil di dalamnya “ , hai sobat yang merasa seperti hentikan itu SEGERA  !!!.

Kesuksesan kita dalam meraih mimpi adalah kontribusi Tuhan , alam semesta, dan seisinya tanpa terkecuali. Meskipun tidak tampak di depan mata , bagaimana seorang “ pengdengki” , haters, dan orang-orang negatif sekalipun di sekitar kita “ SUNGGUH SANGAT BERKONTRIBUSI “ terhadap kesuksesan kita  apalagi notabene orang yang membutuhkan bantuan atau sesama pejuang mimpi memohon bantuan kita, maka wajiblah adanya untuk share pengalaman . Jadi tetaplah berbagi dan iri-lah secara positif hehe…..


7.     SPIRITUALITY = SPIRITUALITAS DAN MENTALITAS

Pada dasarnya spiritualitas justru yang sangat utama dalam meraih mimpi . Dikarenakan  erat kaitanya dengan mental yang kita miliki. Jika sobat adalah Muslim jadilah Mukmin/ Muslimah yang  taat , atau jika anda Nasrani jadilah umat Kristiani yang taat., begitupun dengan agama lainnya. Berdoa sebelum dan sesudah berusaha itu kuncinya. Akhirnya apapun proses yang dilalui. Hasil baik buruk yang diperoleh itu sudah bukan menjadi urusan kita selebihnya dikembalikan ke sang Khalik sebagai pemilik mimpi yang sesungguhnya. Pengalaman penulis dalam mencapai mimpi sangat erat kaitanya dengan nilai spiritualitas ( mungkin segelintir orang tidak). Semua rasa , pahit , manis,  asam , garam dalam berjuang meraih  mimpi” yang masih dijalani “ senantiasa saya kembalikan ke Yang Maha Kuasa. Efek positifnya adalah mental kita terdidik menjadi  mental “ juara” berani menang dan kalah. Tidak akan pernah ada “ pemenang “ jika tidak ada yang “ kalah” , karena kalah itu kemenangan yang tertunda , tidak akan ada  mimpi yang sukses di wujudkan tanpa ada “ mimpi tertunda” .

Pesan bijak : Bukankan kita adalah sel sperma yang “ unggul” dari milyaran sel sperma lainnya, hingga diri kita sudah “ pemenang” , sekali lagi sudah “ juara’, maka kitalah sang juaranya …..

TETAP SEMANGAT MERAIH MIMPI
SALAM SUKSES

Akhsan Srojan, Sidenreng Rappang, 2018

Note : Tulisan tersebut diatas terinspirasi dari pengalaman pribadi penulis, adapun penyebutan tokoh dan nama tempat hanya sebagai contoh atau perumpamaan dan tidak terkait dengan tendensi apapun. Salam bijak…


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Cara Ampuh Mewujudkan Mimpi Versi Akhsan Srojan "

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung di website kami