Apa saja yang ditanggung Beasiswa VLIR UOS (2018) ?

Lets talk about Money ..😄😄😄


Sumber : Google , VLIR UOS 

Salah satu komponen beasiswa yang sangat penting untuk  diperhatikan dalam memilih beasiswa adalah “ jumlah “ nominal beasiswa yang akan kita peroleh. Hal ini dikarenakan sejumlah beasiswa tidak semua meng-cover biaya yang kita butuhkan selama perkuliahan.

Terlebih lagi VLIR UOS adalah jajarang beasiswa yang “masih jarang diketahui oleh warga Indonesia (noted) , namun beasiswa ini termasuk prestigious dan worthed untuk diperjuangkan , mengingat beasiswa ini bersifat “ FULLY FUNDED SCHOLARSHIP” oleh karena itu saya merasa penting untuk mengiformasikan ini sebagai bentuk tanggung jawab moral saya yang sedang dan  (InshaAllah) akan menjadi keluarga besar VLIR UOS.


Anyway, beasiswa ini jika dibandingkan dengan beasiswa sekelas LPDP pun, tampaknya “ sedikit lebih” banyak dari sisi LA ( Living Allowance) dan beberapa biaya spesifik lainnya .
Berikut saya gambarkan biaya yang ditanggung beasiswa yang luar biasa ini yang belum banyaj orang yang mengetahui  :

1.    Tuition fee selama kuliah S2 di universitas tujuan di Belgia yang ditransfer langsung ke bank universitas oleh VLIR UOS
2.    Living allowance ( biaya hidup ) 890 €/bulan ( 15 jta-an ) untuk kurs EURO 2018 ( data per 2017 updated) , yang akan berubah setiap 3 tahun sekali.
3.    Accomodation Allowance ( biaya akomodasi < rent house/hostel/dormitory) sebesar 390  €/bulan ( 6,5 jta-an )

Jadi total LA per bulan adalah 1.280 € ( 21, 5 juta ) , lumayan sekali untuk saving dan jalan-jalan keliling Eropa hehe ( incaran penerima  beasiswa pada umumnya “ STUDY HARD + PLAY HARD ), tentunya HARUS  berhemat untuk hal yang lain ….

Revisi : Setelah ada pengumuman Juni 2018- untuk penerima Beasiswa VLIR -UOS Angkatan 2018, ada perubahan Nominal Beasiswa menjadi 1.150 EURO/bulan dikarenakan adanya penyederhanaan biaya -biaya selama hidup di Belgia. 

4.    Family supplement ( subsidi anggota keluarga)  60 € /bulan ( 1 juta ) per 1 orang anggota keluarga (ini sangat menguntungkan bagi yang berencana membawa anggota keluarga) meskipun hanya bersifat subsidi ( partial) , adapun urusan visa dan lain-lain menjadi tanggung jawab awardee . Menurut buku panduan, jumlah anggota keluarga yang dapat disubsidi yakni maksimum 5 orang, terlepas mereka akan tinggal atau tidak di Belgia selama kita menempuh studi ( untuk ini masih dalam tahap konfirmasi )
5.    Biaya asuransi per bulan sebesar 30 € /bulan untuk meng-cover biaya kesehatan selama studi di Belgia .

  Revisi : Untuk Family Allowance ( suplemen0 sebesar 60 € /bulan akhirnya dihapuskansehingga mulai angkatan tahun 2018 hingga 5 tahun ke depan kemungkinan maish tetap dengan kebijakan yang sama. Tapi jangan menyurutkan niat teman-teman untuk menuntut ilmu di negeri cokelat ini. Semangat yaa!!!



     Biaya tersebut di atas adalah biaya yang ditransfer langsung ke rekening awardee ( penerima beasiswa) per bulan. Namun, ada juga biaya yang periodik/berkala atau sekali transfer seperti di bawah ini :


6.    Indirect travel cost ( biaya tidak langsung ) seperti biaya medical check-up , perjalanan e.g Makassar-Jakarta dengan besaran 150 € ( 2,5 jtaan) dengan mekanisme  reimbursement ( dibayarkan menyusul) , yang berarti kita sementara talangi dulu . Biaya ini cukup lumayan untuk meringankan kita selama proses pengurusan dokumen untuk visa dan legalisasi.
7.    Settlement  Allowance ( biaya kedatangan ) yakni biaya yang akan digunakan untuk membeli peralatan masak dan alat-alat lainnya yang sekiranya diperlukan pada bulan pertama kedatangan di Belgia. Jumlah nominal yang diberikan adalah 550 € /bulan ( 9 jutaan)

8.    Didactic allowance 1 ( Biaya yang terkait dengan proses KBM tahun pertama u/ program master 2 tahun ) sejumlah  500 € /tahun ( 8 jutaan)  , yang biasanya di kampus para dosen/professor menyediakan atau menyarankan membeli modul/buku oleh mahasiswa di tahun pertama guna mendukung perkuliahan. Begitupun dana ini bisa digunakan untuk meng-supply buku-buku penunjang yang tidak bersifat wajib , pun alat tulis menulis ( ATK) selama proses perkuliahan  
9.    Didactic allowance 1 ( Biaya yang terkait dengan proses KBM tahun kedua u/ program master 2 tahun ) dengan nominal 200 € /tahun  ( 3 jutaan). Dana ini hanya diberikan jika dana di tahun pertama tidak mencukupi ( telah habis)
10.  Mailing Allowance ( Biaya terkait surat menyurat) sejumlah  250 € yang akan diberikan di akhir tahun  kedua program master berakhir untuk program master 2 tahun. Dana ini diperuntukkan untuk membiayai pengiriman dokumen, skripsi, computer/laptop dll yang akan di bawah ke tanah air.

11. Biaya-biaya lain yang saya tidak bisa sebutkan satu per satu , yang pastinya pesawat PP ( Awal dan Akhir Studi) + Biaya Pesawat Summer Leave ( wowow) , pas summer kalo mau pulang ke Indonesia
Gimana beasiswa VLIR UOS luar biasa kan ?
Untuk melihat secara detail besaran BEASISWA VLIR UOS dapat di download DISINI

Ayo jangan ragu,  segera mendaftar , kita tidak akan pernah tahu di titik mana rejeki kita berada

Selamat berjuang, Scholarship Hunter 

0 Response to "Apa saja yang ditanggung Beasiswa VLIR UOS (2018) ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Coba Perhatikan Ini!

loading...