HOW TO APPLY at ICP Nematology ?

International Course Program (ICP) –Master of Science Agro-and Environmental Nematology Part 1



Sumber : Google Courtesy, PINC 

Di postingan sebelumnya, saya sudah membahas tentang apa itu beasiswa VLIR UOS dan kriteria dalam proses penyeleksiannya.Nah sekarang saya akan membahas cara dan proses pendaftaran di salah satu program master yang menjadi rujukan VLIR UOS, yakni Master Program 2 Tahun di Faculty of Science , International Course Program MSc Agro-and Environmental Nematology di Ghent University ( Top 124 QS World University Ranking) dan Top 50 QS World Ranking by Agriculture & Forestry by Subject 2018. 

Progam ini merupakan satu-satunya program international di Belgia di  bidang nematology pertanian , bahkan dengan kombinasi ilmu lingkungan dan pertanian, jurusan ini sangat unik dan has untuk mencetak nematologis di masa depan yang akan sangat berguna bagi pembangunan agrikultur di Indonesia.

Sebagai salah satu alumni Fakultas Pertanian, jurusan Agroteknologi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, dan keingina saya untuk menjadi dosen dan professor di bidang pertanian, maka saya menjatuhkan pilihan untuk mengambil master melalui beasiswa VLIR UOS dengan intake 2018 di Ghent University. Dilatar belakangi dengan “ ketetertarikan “ saya dengan proteksi tanaman yang berbasis lingkungan ( bio-control for sustainable agriculture  which is environmentally friendly)

Akhirnya September akhir, 2017 saya putuskan untuk memulai pendaftaran di https://econsort.ugent.be/regis.asp?frm=72  secara online untuk mendapatkan pre-academic admission dari Nematology Educational Committee. Untuk program nematology memang cukup berbeda dari program master lainnya. Keuntungan dari proses ini adalah kita bisa memastikan layak sebagai  kandidat untuk diterima di program tersebut.

LANGKAH PENGISIAN FORM ONLINE

Sebelum mengisi form online ada baiknya perlu untuk membaca syarat dan kriteria untuk diterima di MSc Agro-and Environmental Nematology di Ghent University. Adapun langkah dan syarat untuk diterima di program ini  adalah :
1.       Memiliki gelar sarjana dengan predikat cumlaude atau outstanding top-students dari berbagai jurusan diantaranya ilmu pertanian, biologi, teknik biosains, ilmu lingkungan, biokimia & bioteknologi, ilmu peternakan, ilmu  biomedis dan biologi terapan. Note : IPK yang dianggal below top students, kemungkinan akan di –reject (score too low/under standard)
2.       Mengisiform online untuk mendapatkan pre-academic admission letter ( seleksi awal) 
3.       Ijasah dan transkrip sebagai bukti gelar kesarjanaan dalam bahasa Inggris/Belanda/Jerman/Perancis
4.       Dua ( 2) surat rekomendasi baik dalam bentuk scan/surat resmi asli maupun dikirim langsung oleh pe-rekomender via email ke inge-dehennin@ughent.be ( Ketua Coordination Office)
5.       Motivation Letter yang juga berisikan lamaran beasiswa VLIR UOS
6.       Curriculum Vitae terbaru dengan format European CV
7.       English Proficiency ( bukti kecakapan Bahasa Inggris) dengan rincian sebagai berikut ;
-          IELTS dengan score minimum overall band 5.5
-          IBT TOEFL dengan minimum score 80
-          TOEFL Paper Based Test (PBT) minimum score 500 / ITP =500
-          CEFR minimum B1 à Note : Jika hingga batas deadline online submission ( 3 January tahun berikutnya) belum bisa memenuhi syarat Bahasa Inggris  maka bisa melakukan test online dari Ghent University di English Self test at the Language center of Ghent University (UCT). Choose Candidate students UGent - ICP test. Hasil testnya selanjutnya dapat dilampirkan/di-upload di apliakasi online. Ini hanya test level Bahasa Inggris untuk jurusan , padaa akhirnya tetap di wajibkan melampirkan salahs satu sertfikat resmi di atas ketika apply buat “ official admission letter”

8.       Re- Employment letter  LIHAT DISINI
9.       Sertifikat Pelatihan Statistik/ Statistik Terapan. Jika tidak memiliki sertfikat tersebut bisa diganti dengan surat pernyataan dari dosen yang pernah mengajarkan mata kuliah “STATISTIK”
10.    Pas Photo berwarna Terbaru
11.    Scan Passport yang masih berlaku
12.    Official Grading Scale LIHAT DISINI
13.    Proposal Riset ( optional) – lebih baik jika disiapkan , guna menunjukkan kesungguhan
14.    Sertifikat kejuaraan/organisasi/softskill dll sebagai pendukung  yang terkait dengan ilmu semasa S1 juga akan sangat membantu suksesnya aplikasi  terutama “ untuk beasiswa” VLIR UOS
15.    Selanjutnya the Nematology Educational Committee menyeleksi kelayakan setelah submit , selanjutnya jika dianggap layak, berikut dilanjutksn apply for official academic admission from admissions@ugent.be dengan terlebih dahulu mengisi secara online di prospective student

Secara umum deadline proses pendaftaran jurusan hingga pengumuman akhir VLIR UOS 2018  sebagai berikut :

1.       Open Oktober 2017- Submission :  3 Januari  2018 –PENGISIN & submit FORM ONLINE
2.       15 January 2018-Deadline Pengiriman HARD COPY yang sudah di tanda tangani oleh pelamar untuk proses shortlisting ke Nematology Educational Committee  ( langkah ini sangat krusial , sehingga harus dieksekusi secara maksimal)
3.       3 Maret 2018 –Deadline pengiriman dokumen Ijasah dan Transkrip yang telah dilegalisiir oleh Kedutaan Belgia untuk mendapatkan OFFICIAL ADMISSION LETTER (LOA Unconditional) yang telah
4.       6 February 2018 –Pengumuman Top 24 – 12 Main Lists + 12 Shortlists
5.       12 February-SKYPE INTERVIEW ( CROSSCHECK)
6.       May 2018 –Pengumuman RESMI BEASISWA VLIR UOS
7.       June –August 2018-VISA PROCEDURE
8.       September 2018 –Start ICP Program

Bersambung

0 Response to "HOW TO APPLY at ICP Nematology ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Coba Perhatikan Ini!

loading...