Pengalaman LOLOS Beasiswa VLIR UOS Belgia 2018 Part 3

CARA MENDAFTAR BEASISWA VLIR UOS 


Sumber: Google Courtesy 

         PERSIAPAN DOKUMEN + APPLY


    Sebelum melakukan proses aplikasi ada baiknya persiapkan dokumen berikut , beberapa diantaranya bersifat general ( umumnya beasiswa mempersyaratkan ini ), dan satu dua syarat khusus sesuai dengan kampus dan jurusan yang dituju.


  • -   Ijasah S1 dan transkrip yang sudah dilegalisir oleh kampus asal, lebih baik lagi telah dilegalisir oleh Kedutaan Belgia ( karena pada saat pengurusan admission letter dan visa ) , kedua dokumen ini wajib dilegalisasi di Belgian Embassy  yang prosedurnya agak sedikit berbeda antara swasta dan negeri. Dokumen yang dilegalisir adalah yang sudah diterjemahkan ke English/Dutch/German/France ke sworn translator ( Penerjemah yang tersumpah dan terdaftar di kedutaan Belgia , terjemahn diluar list tersebut dianggap tidak sah ).


  • -     Grading Scale  ( standar penilaian di kampus Indonesia sperti IPK dan scoring nilai selama perkuliahan ) kebetulan saya request dari ketua prodi semasa S1 , seperti contoh di bawah ini  ( teman-teman bisa sesuaikan dengan range skor masing-masing prodi dan di universitas asal/alumni ), ini boleh PC atau scan tidak harus asli  ;

                     Contoh GRADING SCALE DOCUMENT  ( Sumber : Koleksi Pribadi)


  • -    Dua (2)  atau lebih surat rekomendasi. Diutamakan dari pembimbing skripsi semasa S1 atau pejabat/atasan  yang mengetahui betul siapa diri kita . Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi proses crosscheck lamgsung dari pihak penyeleksi beasiswa.  Jika panitia seleksi  meminta minimal  2 rekomendasi  , usahakan beri lebih kecuali ditegaskan hanya 2, maka siapkan sesuai yang diminta.
  •   Passport yang masih berlaku minimal 2 tahun sebelum perkuliahan dimulai , untuk mengantisipasi pembuatan passport baru untuk visa.
  •   English Proficiency /kecakapan bahasa /Inggris  yang masih berlaku seperti skor IELTS/TOEFL IBT/dllsb yang sesuai persyaratan kampus/jurusan yang ingin dituju.
  • -    Curriculum Vitae (CV) /Riwayat Hidup dalam Bahasa Inggris.
  •     RE-EMPLOYMENT LETTER ( surat bukti akan dipekerjakan kembali)  , bagi kalian yang  fresh graduate dan punya pengalaman asistent dosen di sebuah institusi, ada baiknya siapkan segera. Dokumen ini  biasanya dikeluarkan oleh Rektor /Dekan/Ketua Jurusan. Hal ini akan menjadi nilai lebih bagi pihak penyeleksi beasiswa ( pengalaman pribadi) . Berikut format RE-EMPLOYMENT LETTER  ( versi saya , yang saya ajukan ke Pak Rektor UMY)




  • -  Piagam/Sertifikat/Bukti prestasi kejuaraan/lomba yang berkaitan langsung dengan jurusan yang dilamar, serta sertifikat yang berhubungan dengan Bahasa Inggris/Belanda/Jerman/Prancis juga disarankan dipersiapkan ( jika ada).
  •     Sertifikat pelatihan dan keikutsertaan organisasi, jika belum berbahasa Inggris , disarankan terjemahkan dulu ke sworn translator
-        
      2.    SELEKSI LANJUTAN- OFFICIAL ADMISSION LETTER
Untuk mendapatkan Admission Letter : salah satu syarat yang cukup menantang adalah harus melegalisasi ijasah + transkrip S1 yang sudah terlebih dahulu dilegalisasi oleh kampus ke Kedutaan Belgua yang secara umum melalui tahapan sebagai berikut :

a)    Legalisasi ijasah kampus asal ( prefer legalisasi Fakultas  bagi alumni universitas swasta).Biasanya legalisasi di beberapa kementrian hanya akan melayani ijasah yang belum melewati 6 bulan sejak legalisir terakhir. Jangan lupa update pejabat yang melegalisir ( harus current pejabat)
b)    Legalisir di KEMENRISTEK DIKTI yang hanya ditujukan bagi alumni universitas swasta. Jika anda lulusan dari universitas negeri PC Legalisir dari  kampus langsung disahkan ke KEMENKUMHAM . Sebagai alumni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta , saya  harus mempersiapkan dokumen sebagai berikut :
ü  PC ijasah + transkrip dari Fakultas Pertanian UMY
ü  Surat Pernyataan/Keterangan  Alumni , yang dikeluarkan oleh fakultas ,
ü  Print Riwayat KRS di forlap.ristekdikti yang berisi semua data termasuk tahun masuk/lulus, jurusan, NIM, mata kuliah yang pernah diambil dan data penting lainnya. Jangan lupa check keabsahan ijasah anda di SIVIL DIKTI 
ü  Spesimen TTD pejabat yang melegalisir ( Dekan/Wakil Dekan) 
c)    Legalisir KEMENKUMHAM
d)   Legalisir KEMENLU
e)    Legalisir di Kedutaan Belgia
Note : Dikarenakan keterbatasan waktu maka proses legalisasi dokumen ijasah + transkrip di atas , maka saya memutuskan menggunakan jasa AGENSI resmi yang terdaftar di Kedutaan Belgia IBU FATIMA Denis and Partner yang sudah banyak  menngurus awardee termasuk LPDP, VLIR UOS, dan beasiswa lainnya. Saya jamin berkualitas dan terjamin keresmiannya.

Berikut kontak agensinya jika teman pemburu beasiswa  ingin langsung berkorepondensi , harga dan layanan yang diberikan cukup terjangkau  dan yang pasti terjamin kualitasnya, terbukti dokumen saya bisa diproses hanya dalam 5 hari kerja dan berhasil dikirim juga tepat waktu sebeleum deadline Beasiswa 1 Maret 2018  :

IBU FATIMA- Denis and Partner
Whatsapp : +6288213724970 ( Ibu Fatimah)

Atau

jika ingin mengurus sendiri bisa juga tentu dengan proses yang lumayan panjang dan ribet. Berikut proses legalisasi dokumen di Kedutaan Belgia bisa merujuk ke salah satu Blog Pelamar Beasiswa ke Belgia di blog  Mbak Ceacilia 

Alhamdulillah berkat pertolongan  Allah melalui jasa agensi tersebut saya berhasil mendapatkan OFFICIAL Admission Letter dari Ghent University pada tanggal 13 Maret 2018 lalu , kurang lebih  seperti ini bentuknya ,


Gambar sengaja di blurkan dan dikecilkan ukurannya ( jaga privasi) harap maklum, belum di Belgia soalnya hehe...

Surat ini selanjutnya akan di gunakan untuk aplikasi VISA sebelum berangkat ke Belgia ( akan diceritakan di blog selanjutnya)

      SHORTLISTED TOP 12 CONFIRMED-ALHAMDULILLAH RESMI JADI AWARDEE ( RESMI JADI AWARDEE SEJAK 6 April 2018) 

Jika sudah menjadi awardee maka saatnya persiapan pengurusan VISA -------Welcome to Belgium as VLIR UOS Awardee 





Berlangganan update artikel terbaru via email:

18 Responses to "Pengalaman LOLOS Beasiswa VLIR UOS Belgia 2018 Part 3"

  1. btw, perlu pk legalisisr Kemenkumham jg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Finally, you have comments on my blog (fresh blog)

      Delete
    2. ya del, wajib sebelum ke Kedutaan harus ke Kemenlu dlu

      Delete
  2. Apakah penerima beasiswa dapat melanjutkan sekolah/bekerja di belgia setelah lulus? atau terikat untuk kembali ke negara asal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh saja ( jika oportunity itu terbuka) tapi memang disarankan untuk mengabdi di negara asal

      Delete
  3. Wahh terima kasih banyak kak, sharing nya sangat bermanfaat untuk kita terutama saya sebagai scholarship hunter hehe. Kak boleh share email atau kontaknya ga ? Ada beberapa hal yg ingin saya tanyakan terkait teknis melamar beasiswa ini. Semoga kakak bersedia 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh langsung email saja ya ke akhsanpulalo07@gmail.com

      Delete
  4. Maaf kak mau tanya. Kak... Ini gak ada jurusan untuk pendidikan ya ?? Atau saya yang belum nemu ? Mohon pencerahannya ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. secara specific pendidikan seh nggak ada yang di list vlir uos,yang berupa ilmu sosial ada kok

      Delete
  5. Halo kak, saya juga baru saja diterima sekolah di Belgium lewat program Erasmus.

    Mau nanya dong kak, pengalaman kakak untuk mengurus visa ke Belgium bagaimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hey Yusuf, ya sy sudha share juga ke website ini bisa dibaca ya...
      nanti saya akan update lagi ok

      Delete
  6. Halo kak, terimakasih sudah share info yang sangat menarik😊.
    Saya tertarik untuk mendaftar di University of Antwerp dengan beasiswa VLIR-UOS untuk intake fall 2021. Karena ada beberapa pertanyaan yang ingin saya ajukan, apakah kakak berkenan untuk sharing email yang bisa saya hubungi? Berikut email saya kak: atha.rifqia@gmail.com.

    Terimakasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hey Atha, bisa ke akhsanpulalo07@gmail.com

      Delete
    2. Halo kak mau tanya, untuk paspor semisal belum punya baiknya buat dulu apa sekalian saat mengurus VISA kak?

      Delete
    3. sebaiknya buat passport saja lebih dulu..visa hanya dibkin jika sudah ada tujuannnya misalnya buat bikin visa turis, atau visa studi atau visa kerja..

      jadi silahkan segera bikin passport gak mahal kok ..kali aja langsung bsa dpet beasiswa kan jadi gak repot

      Delete
  7. Hi Kak mau tanya untuk pada saat submit enrollment, ijazah dan transkrip harus dilegalisir kampus dlu ya walaupun ijazah dan transkrip sdh bahasa inggris? Untuk pengurusan ke kemenlu, kemenkunham dan kedutaan itu stelah ada kabar sleksi lanjutan?

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung di website kami