5 Objek Wisata Unik Belanda yang Sayang Dilewatkan , No.5 Wow !



Bertandang ke negeri kincir angin tentu sudah mainstream mengunjungi tempat-tempat wisata seperti Kincir Angin dan Kebun Bunga Tulip ( Keukenhouf) , Canal dan museum di Amsterdam. 
Sumber : Pixabay.com
( Belanda) 
Kali ini mimin akan mengulas 5 wisata yang “ unik” yang dijamin gak bakal nyesel jika berkesempatan mengunjunginya, berikut ulasannya; 


1. Bloemenmarkt ( Pasar Bunga) Terapung

Sumber : Pixabay.com

 
Pasar unik ini di sebut Bloemenmarkt dalam bahasa Belanda terletak di Kota Amsterdam , Ibu kota Belanda. Pasar terapung ini terletak di wilayah Centrum Amsterdam sekitar wilayah pertokoan, di salah satu kanal tertua Singel di antara Muntplein dan Koningsplein dan didirikan pada tahun 1862. Ada kurang lebih 15 kios yang menjual bunga, tanaman atau campuran dengan cenderamata Belanda dan yang khusus menjual berbagai cenderamata. 




Selain itu di sisi depan kios-kios terapung yang berukuran cukup luas bisa dilihat juga toko-toko atau kios cenderamata yang lebih khusus seperti menjual keju, perhiasan hari raya Natal, barang-barang unik bahkan ada yang menjual cenderamata dari benua Asia termasuk Indonesia seperti kipas dan payung. Pada tahun 1960-an pasar terapung ini hanya menjual tanaman atau pohon yang dibawa dengan perahu-perahu setiap harinya dari luar kota Amsterdam. 

Lambat laun pasar ini menjadi sangat terkenal tidak hanya oleh wisatawan tapi juga wisatawan mancanegara. Menjadi salah satu objek wisata unik di tengah kota metropolis sukses memantik para wisatawan dari berbagai penjuru dunia. 

Sumber : Pixabay.com

Pasar ini sangat ramai dikunjungi pada musim panas ( summer). Sebaliknya , pada musim dingin pasar ini banyak menjual pohon-pohon Natal dengan berbagai bentuk dan ukuran. Jenis-jenis cenderamata khas Belanda khususnya keramik dengan hiasan Delft Blue boleh dikatakan cukup beragam dan lengkap, harganya pun cukup terjangkau yang dapat dibeli dengan harga 2 Euro, bahkan yang lebih murah sekalipun ada, yakni 0.75 Euro berupa gantungan kunci dengan khas ikonik Belanda. 


Di tempat ini Anda juga bisa menemukan cenderamata lain seperti payung, jas hujan, postcard, kaos dan pot bunga yang tampak lebih indah karena diwarnai atau dilukis. Jika ingin melihat atau membeli cenderamata Bunga Tulip diluar masa Bunga Tulip berbunga (Maret-Mei) maka di pasar ini bisa ditemukan Bunga Tulip yang terbuat dari kayu, kain silk yang juga beraneka-warna seperti aslinya dan dijual juga bibit-bibit atau bongkol bunga (bulb/bloembollen) yang khusus untuk ekspor serta ada juga yang dikemas lebih indah dengan wadah yang berkhas Belanda seperti dalam sepatu keramik klompen.

Bunga tulip hanya bisa tumbuh di daerah dingin. Bunga lainnya dan tanaman hidup juga banyak ditemukan di pasar ini bahkan tanaman yang sudah dibuat lebih menarik juga tersedia seperti kaktus yang berwarna-warni , tanaman bonsai dari buah-buahan serta rangkaian bunga dan tanaman di wadah khusus sehingga cocok untuk hadiah mini untuk orang terdekat kita. Rangkaian bunga dan tanaman di dalam wadah yang menarik saat ini menjadi salah satu pilihan hadiah warga Belanda. 

Namun, untuk membawa tanaman atau bunga keluar dari Belanda disarankan mendapatkan izin dari imigrasi dengan mendapatkan cap terlebih dahulu paket bunga tersebut. Pasar bunga ini buka setiap hari Senin sampai dengan Sabtu mulai jam 9 pagi sampai jam 5.30 sore, sedangkan pada hari Minggu buka jam 11 sampai jam 5.30 sore. 

Referensi: https://lifestyle.kompas.com/read/2011/08/06/17261560/Berburu.Cenderamata.di.Bloemenmarkt.




2. Miniatur Negeri Belanda, MADURODAM

Sumber : Google Courtesy, 2018

Salah satu objek wisata yang sangat unik lainnya yakni Madurodam Scheveningen Den Hagg , jika di Indonesia ada TMII ( Taman Mini Indonesia Indah) , nah di Belana ada “ Madurodam”. Namanya berasal dari kata "maduro" yang diambil dari seseorang. yaitu George Maduro, dan kata "dam" dari bahasa Belanda yang berarti kota. George Maduro adalah seorang mahasiswa dari Curacao. Ia meninggal di kamp konsentrasi Dachau tahun 1945.

Jika anda tidak bisa mengunjungi seluruh kota Belanda, tampaknya objek wisata satu ini bisa menjadi referensi. Kota miniatur Madurodam di Den Hagg adalah lokasi yang tepat untuk menjelajahi keunikan Belanda. Segala hal yang terkait Belanda bisa anda nikmati di tempat ini, mulai dari rumah di tepi kanal, kincir angina, pasar keju, Istana Perdamaian, Delta Works , dan sebagainya akan memanjakan mata anda dan keluarga. Beberapa fitur yang ditawarkan oleh atraksi wisata ini termasuk multimedia juga tak kalah menariknya. 



Disanadisampikan kisah tentang bangunan minaiturnya, sejarah Belanda , mengoperasikan sendiri penghalang gelombang badai ( Delta Works). Memuat kontainer di kapal kargo di pelabuhan Rotterdam. Bahkan menerbangakan sendiri pesawat di Bandara Schipol juga atraksi yang saying dilewatkan

Tak kalah menakjubkan lebih dari 5.500 pohon miniatur dan 55.000 tanaman bunga yang mekar sepanjang musim, taman ini dikenal karena keindahan pemandangannya. Sejak dibuka tahun 1952, Madurodam telah menjadi salah satu tempat paling ikonik di Belanda. Madurodam berada di 5 besar taman hiburan yang paling sering dikunjungi di Belanda, dan cocok dikunjungi untuk semua umur. Hanya dengan mengeluarkan uang 14,5 Euro kita sudah bisa sepuasnya menikmati wisata ini . Menarik dan unik ya ! 



3. Desa Telletubies di Giethoorn

Sumber : Google Image, 2018
Wisata unik lainnya yang tidak kalah menariknya adalah di Groningen, yang disebut Giethoorn. Tempat wisata adalah sebuah objek wisata alam berupa pedesaan yang indah nan asri. Kanal dimana-mana serta rumah-rumah mungil yang indah. Maka tak jarang para turis menjuluki tempat ini sebagai rumah “ Teletubbies atau Rumah Hobbit” 

Banyak sekali wisatwan yang berkunjung ke tempat ini. Dusun mungil ini memiliki banyak atraksi wisata yang bisa dinikmati seperti berkeliling menggunakan perahu , yang disepanjang kanal kiri kanan kita bisa menikmati indahnya pemandangan rumah-rumah khas Belanda ( rumah pedesaan ) yang tampak sangat terawatt.

Tempat wisata unik ini memang belum terlalu dikenal, karean kalah pamor dengan taman Bunga Tulip Keukenhof , namun faktanya disini ada kebun tulip juga loh. Dikalangan turis Eropa, Giethoorn dikenal dengan julukan Hollandse VenetiĆ« (Venesia versi Belanda). Orang Belanda sendiri menyebut Giethoorn dengan sebutan VenetiĆ« van Het Noorden alias Venice of The North. Karena letaknya yang berada di wilayah utara Belanda. Mereka juga menjuluki tempat ini dengan nama “ Water Village” .



4. Rumah “ Terkecil” di Kota Delft




Sumber : Google Image, 2018

Mungkin ini terkesan melebih-lebihkan , namun memang fakta wisata unik memang benar-benar unik . Rumah ini adalah rumah kelahiran Bapak Mikrobiologi Dunia “ Antony van Leewenhook” yang berhasil juga mengembangkan lensa dan mikroskop untuk mengidentfikasi bebagaia jenis bakteri. Kabarnya rumah ini jug adalah kediaman dokter kota , dokter pribadi tokoh poltikus terkeanl Belanda “ Prince Willian Van Orange D rumah ini juga dia hidup bersama Vermeers ( seniman terkenal Belanda ) bersama 9 orang anaknya. 
Sumber : Almay Stock Photo 

Rumah mungil ini hanya memiliki luas 3 meter persegi ( sempitnya minta ampun) dengan 2 pintu saja. Percaya atau tidak rumah ini sudah terjual dengan harga lelang sebesar 400.000 EUROS atau setara dengan 6 Millyar rupiah. Wow Fantastis. Rumah yang terletak di Kota Delft, tepatnya di Peter



5.  " The Cubic House"  di Rotterdam

Sumber : Google Courtesy, 2018

Yang paling unik adalah rumah kubik atau rumah kubus yang ada di Kota Rotterdam. Kota yang disebut sebagai kota pelabuhan dan pusat industry negeri tulip ini, ternyata memiliki objek wisata yang cukup unik yang disebut “ The Cubic House “ . Uniknya rumah-rumah ini di design kotak-kotak untuk memaksimalkan space ( ruang) yang ada. Wah , siapa sangka justru karena ingin meningkatkan efesiensi ruang malah menajdi objek wisata unik . 

Rumahh –rumah disini adalah rumah pribadi , namun seiring berjalananya waktu sudah menjadi objek wisata yang menghasilkan bagi warga negara Belanda di sekitar tempat itu. Untuk menikmati rumah kubus ini, kita cukup merogoh kocek 3 Euro ( dewasa) dan 1.5 ( anak-anak) untuk memuaskan diri melihat arsitektur yang luar biasa ini.

Rumah kubus ini terdiri atas 3 lantai . Lantai 1 adalah dapurdan ruang tamu, lantai kedua kamar mandi dan kamar tidur dan lantai 3 untuk ruang bersantau keluarga, juga meruapakan ruangan serba guna. Hemm , betul-betul ini saying jika dilewatkan



Sekian penjelasan mimin tentang 5 objek wisata paling unik di Belanda

Sampai berjumpa di wisata dunia lainnya…..








0 Response to "5 Objek Wisata Unik Belanda yang Sayang Dilewatkan , No.5 Wow ! "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Coba Perhatikan Ini!

loading...