Janu Muhammad, " Anak Pedagang Sayur" Berpijak ke Negeri Kanguru , Salaman dengan Obama, hingga Menjelajahi Inggris !


Man Jadda Wa Jada


- JANU MUHAMAMAD-
Janu Muhammad S.Pd.,M.Sc. adalah salah satu putera terbaik bangsa kelahiran Yogyakarta. Seorang inspirator dengan terobosan OMAH BACA KARUNG GONI yang berbasis di Sleman Yogyakarta. Rumah baca ini juga dikenal dengan nama KGLC (Karung Goni Learning Center) yang berhasil menggerakkan para anak remaja bahkan dewasa untuk rajin membaca. Saat ini Janu telah menyelesaikan gelar master by course di University of Birmigham (UoB) di jurusan Research in Human Geography, UK, Inggris melalui beasiswa LPDP. Saat ini beliau bersama : para alumni penerima beasiswa LPDP sedang menyatukan beberapa Perguruan Tinggi Swasta menjadi universitas. Wow hebat ya !
Janu di London , Inggris 

Janu di Bristol, Inggris 

Birmingham, Inggris 

Ketua PPI-MIB 2016-2017

Penelitian Thesis di Belanda

Ketua yang Dedikatif dan Inspiratif 

Big Ben, London, Inggris 

Langsung saja yuk kita berkenalan dengan sosok pejuang mimpi satu ini. Janu yang lahir dari keluarga sederhana berempat dengan adik perempuan dan kedua orang tua yang hanya ”penjual sayur” pernah tidak menyangka berhasil mengangkat derajat keluarga kecil mereka. Bahkan berkat anak yang penuh berkah seberuntung “Janu” berhasil membuat kedua orang tuanya mendapat Apresiasi Sebagai Orang Tua Hebat Pendidikan Keluarga 2017 dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Hebat membimbing Janu hingga sekarang mencapai kesuksesan.
Penganugerahan Orang Tua Hebat " Pak Ngadiyo dan Lasiyem" , Kedua orang Tua Janu 
 
Piagam Apresiasi dari Kemendikbud 

Singkat cerita perkenalan saya dengan Mas Janu untuk pertama kali ketika mengikuti pelatihan Bahasa di Institut Teknologi Bandung selama 3 bulan. Pribadi yang saya temukan dari sosok ini adalah sederhana dan religius, ciri celana “ cingkrang” adalah pertanda bentuk kepatuhan dirinya terhadap panutan dirinya , yang saya yakin , Muhammad SAW itulah adanya.



Janu , Saat ini
Berhasil menamatkan Pendidikan Geografi di salah satu universitas bonafit yakni Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) , setelah “pupus” harapan untuk menuntut ilmu di Universitas Gadjah Mada ( tetangga sebelah), mimpi itu seakan terhalang oleh keinginannya untuk meramaikan dunia “ geografi yang mana yang telah menjadi passionnya. Saya menjadikan Janu,sebagai salah satu “ Laskar Pemimpi” dan pejuang “tangguh”. Beberapa kali mengobrol dengan belaiu tentang perjuangannya meraih mimpi studi di luar negeri, yang kala itu “ keukeh “ ingin ke Belanda, Utrecht University tempat dimana dirinya sempat ikut Summer School ( Kuliah Musim Panas) Belanda.
Bersama "Keluarga Kecil nan Sederhana" di Wisuda UNY 2015


Beberapa prestasi yang cukup membanggakan yang telah ditorehkan Janu baik untuk almamaternya maupun untuk Indonesia pada umumnya. Semasa kuliah , Janu sangat aktif beroganisasi hingga mendapata apreasis aktivis terbaik dari Dekan Fakultas Pendidikan UNY, selain itu dia juga sangat cakap dalam akademik. Beberapa prestasi “ menakjubkan” yang penulis rekam jejaknya, salah satunya mengikuti Summer School di Belanda , bahkan selama S1 Janu memperoleh beasiswa dari DIKTI selama 2 tahun ( 2012-2014). Selama menuntut pendidikan di kota Gudeg ini, Janu sangat aktif dikegiatan sosial juga, terbukti dengan digagasnya OMAH BACA KARUNG GONI dan beberapa kegiatan volunteer lainnya.


Mawapres UNY


Janu LULUS  dengan predikat lulusan terbaik di jurusannya dengan IPK 3.70 , dan beberapa kali menjuarai Lomba Karya Tulis Ilmiah dan bahkan menjadi Mahasiswa Beprestasi UNY ( 2013-2014). Di tahun 2014 juga , Janu lolos mengikuti program Homestay di Australia pada bulan November.


Program Short Visit-Homestay Australia, Queensland 
KARUNG GONI- pulalah yang mengantarkannya ke negeri Paman Sam ini, yang akhirnya mengantarkannnya menapak benua Amerika , dia adalah delegasi Indonesia menjadi bagian 1 dari 23 orang yang berhasil terpilih se-Asia Tenggar , melalui Program YSEALI (Young Southeast Asia Leaders Iniative). Program ini merupakan sebuah program atau wadah bagi generasi muda untuk bertemu pemuda-pemudi yang “ berpengaruh" dari Asia Tenggara. Bahkan sangat mengharukan Janu bertemu presiden USA Barrack Obama yang diberitakan oleh banyak media di Indonesia kala itu.

Janu , Penggagas Omah Baca Karung Goni 
Sebelum Janu bertandang ke Amerika, Janu bahkan telah memperoleh Beasiswa LPDP kategori Miskin Berprestasi, yang sebenarnya sungguh suatu perjuangan yang luar biasa, karena berjuang mendapatkan IELTS untuk tujuan diluar negeri “ menantang “ baginya.

LPDP dan Inggris, wow Stonehenge London

Akhirnya 2016, setelah berangkat ke Amerika melalui program YSEALI , Janu berjuang meminta persetujuan LPDP untuk mendapat restu perpindahan universitas tujuan studi

Janu di Amerika , Colorado 



Sebagai buah perjuangan yang begitu panjang, Janu akhirnya memetik hasilnya, tidak hanya menginjak bumi Amerika tapi juga sampai ke negeri Ratu Elizabeth, Inggris dijajakinya. 

Selama berkuliah di Inggris tidak hanya menjadi ketua kelas di angkatannya, tapi juga menjadi Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Brimingham. Tidak hanya itu beberapa kali mengikuti kegiatan konferensi internasional di beberapa negara termasuk India dan Irlandia serta negara lainnya semakin mengasah kualitas sebagai seorang geograf Indonesia dan dunia

Janu dengan balutan pakaian adat khas Jawa di Australia 

Pesan Mas Janu Muhammad kepada para pejuang beasiswa :

" Bagi rekan-rekan yang sedang berjuang meraih mimpi dan beasiswa, tetap semangat dan perbanyak doa . Insya Allah akan dimudahkan dengan hasil yang baik " 

Teruslah berkarya Mas Janu Muhammad


Temukan Janu Muhamamad di bawah ini :

Linked-In        : Janu Muhammad
Facebook         : Janu Muhammad
Instagram        : @janu_muhammad
Twitter            : @janu_muhammad

Note :

Kisah perjuangan para Laskar Pemimpi berikut kronologi cerita yang diposting di www.latopanrita.com  sudah berdasarkan ijin yang bersangkutan . Segala tautan akan disertai source ( sumber) dan yang pastinya tokoh dalam postingan memiliki hubungan pertemanan/ sejawat/rekan/pernah bertemu/telah diwawancarai secara langsung atau menggunakan media lainnya  oleh  penulis sehingga dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Informasi akan di update setiap 6-12 bulan sekali sehingga profil " Laskar Pemimpi" akan mencerminkan kondisi terkini. 


Salam Sukses 
Semangat Meraih  Mimpi 

LA TOPANRITA & MOSAIC DREAMS 

Tinggalkan comment di bawah jika ada saran /kritik yang membangun , serta profil yang harus admin update tentang profil “ Janu Muhammad ”,silahkan . 





0 Response to "Janu Muhammad, " Anak Pedagang Sayur" Berpijak ke Negeri Kanguru , Salaman dengan Obama, hingga Menjelajahi Inggris !"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Coba Perhatikan Ini!

loading...