Mengagumkan ! Bocah Kelas 5 SD Menemukan Listrik Generasi Kids Jaman Now



Sumber : Detik.com 

Pendidikan seyogyanya berujung pada sebuah perubahan yang lebih baik dan menghasilkan karya , setidaknya bermanfaat bagi masyarakat. Terlebih jika itu sebuah karya teknologi tepat guna, mudah dan aplikatif di masyarakat. Tentu ini menjadi luar biasa.

Dunia pendidikan Indonesia patut berbangga , baru-baru ini dilansir dari Kompas.com ( 05/4/2018)  , Naufal Raziq begitu nama lengkapnya, seorang siswa yang kini berusia genap 15 tahun dan baru saja lulus dari Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Langsa , Aceh, Desa Kampung Baru, berhasil “menyempurnakan” temuannya.

Sebelumnya dia   telah memulai penelitiannua sejak 2014 ( saat masih kelas 5 SD) . Berangkat dari keprihatinannya karena masih adanya 114 rumah yang belum dialiri listrik di desanya seperti disadur News.detik.com ( 6/6/17).Percobaan yang dilakukannya dengan dasar Ilmu Pengetahuan Alam dari gurunya berhasil setidaknya memberi aliran listrik untuk menyalakan  lampu, namun masih tergolong kecil dayanya

Sumber : Detik.com 


Menurutnya semakin tinggi kadar asam pada pohon buah semakin besar daya listriknya. Meskipun begitu karya yang “ belum sempurna” ini sempat menggiringnya menjadi Juara Harapan pada sebuah kompetisi teknologi tepat guna di Langsa. 

Apa temuannya ?

Setelah melakukan percobaan dengan berbagai pohon , akhirnya bocah cerdas ini yang juga mengidolakan Thomas Alpha Edison dan  Presiden ke-3 RI BJ Habibie , berhasil menemukan “ listrik tenaga alam” yakni Listrik Tenaga Pohon Kedondong. Tentu ini kontradiktif   dengan era Kids Jaman Now yang umumnya anak fokus bermain gadget berbasis android .

Kini penelitian tersebut telah secara konsisten ditekuninya, awalnya dia hanya menggunakan berbagai macam pohon dengan kandungan asam yang tinggi seperti belimbing, manga , kedondong, dan pohon dengan kandungan asam tinggi lainnya. Hingga berujuang pada pata titik “ penemuan” yang luar biasa bahwa “ kedondong” lah yang menjadi pilihan sebagai sumber listrik terbaik . Dia berharap untuk bertemu Bapak Presiden Jokowi agar bisa mendukung penelitiannya , kompas.com ( 10/6/17)


Uji Coba Hasil Temuannya , Wow Bohlam Menyala 


Sumber : Detik.com

Secara saintifik,berdasarkan penelitian yang dia lakukan, ketebatalan diameter kayu kedondong yang ideal adalah 30 cm , lebih dari itu juga lebih baik , seperti dilansir di detik.news.com (6/6/2017)

4 pohon kedondong dengan mampu memnghidupkan 1 buah bola lampu, minimal diperlukan 10 pohon untuk menerangi sebuah rumah yang mampu menerangi selama 12 jam” ujarnya

Sumber : Jawa Pos 

Karena prestasinya tersebut akhirnya dia di undang oleh Menteri ESDM ( Ekonomi dan Sumber Daya Manusia) Ignasius Jonan di Jakarta sebagai apresiasi dan inspirasi yang luar biasa bagi bangsa Indonesia .
Bertemu Menteri ESDM 


Terus berkarya Naufal !

Bagaimana, apakah terinspirasi dengan penemu cilik ini, bagikan inspirasi kalian….

Sumber : Edu_Spirasi ( Muhammad Aksan) 



0 Response to "Mengagumkan ! Bocah Kelas 5 SD Menemukan Listrik Generasi Kids Jaman Now"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Coba Perhatikan Ini!

loading...