Bagaimana rasanya kuliah di Gent University Belgia ?

Gent Belgia

Gent City Center, Magnificent City 


Kota Gent

Minggu-minggu awal perkuliahan bersama teman VLIR UOS 

Alhamdulillah wasyukurillah , akhirnya sejak 1 September 2018 telah resmi menginjakkan kaki di negeri yang terkenal dengan cokelat dan menjadi pusat peradaban Eropa karena disitulah kantor persatuan negara-negara Eropa berada dalam naungan Uni Eropa ( European Union) . Negara yang kecil yang memiliki power yang besar, Belgia dengah salah satu kota dan universitasnya yang ciamik, Gent University, Gent City 

Sebenarnya ini bukan kali pertama saya menginjakkan kaki di Belgia, dulu di tahun 2016 sekitar bulan Desember saat masih resident di Belanda , kaki saya sudah bertumpu meski hanya 1 hari kala itu ( Kota Brussels di winter kala itu). Namun kembali lagi ke negara ini apalagi' demi sebuah cita-cita' sungguh bahagia rasanya. 

Depan Fakultas Sains Gent
Depan Fakultas Science , Ledeganck Campus 

PROXY (Delhaize)
Salah satu toko tempat belanja dekat asrama (PROXY)

Belgia

Model asrama mahasiswa yang nyaman buat hidup dan belajar 


Kini saya di Gent University, salah satu universitas top dunia saat ini Top 124 (QS World Ranking 2018). Kalau ditanya bagaimana perasaan saya berkuliah disini ? perasaannya campur aduk. Antara senang, sedih dan merasa tertantang. Senang karena kembali ke Eropa, merasakan indahya ' udara bersih Eropa' yang selalu membuat saya kangen ketika pulang ke Indonesia. Sedih karena harus berpisah dengan keluarga dan dijamin pasti' banyak sedih-sedih' lainnya. nah, kalau ditanya yang bagian tertantang, saya tahu pasti bahwa standar kelulusan akademik universitas top dunia tentu lebih tinggi dari universitas lainnya. Jadi kita kudu wajib siap mental , jiwa dan raga. 

Get Belgia Eropa

Suasana sekitar asrama menuju ke kampus, sepeda tetap jadi idola 

Kalau ditanya seperti apa kampus Gent University , saya susah menjawab karena kampusnya hampir diseluruh kota Gent, dan gambar dibawah ini salah satu kampusnya namanya campus Coupure , Faculty Bioscience Engineering ( Fakultas Pertanian) 

Ada beberapa hal yang membuat saya terkesan ( impresi awal) ; 

1. Pembukaan Akademik ( 2018-2019) 

Di hari pembukaan akademik benar-benar kelihatan kondisi mahasiswa yang berjumlah puluhribuan mulai daeri bachelor (S1), mater (S2) hingga PhD (S3). Kampus yang sudah memasuki usia 200 tahunan memang melegenda di Eropa ada beberapa peraih Nobel di kampus ini seperti Corneille Jean François Heymans ( dunia kedokteran) dan Joseph Plateau ( fisikawan) dan masih banyak tokoh lainnya

2. Kampus dengan lingkungan yang benar-benar 'mahasiswa'

Kesan pertama yang juga cukup berkesan adalah lingkungan mahasiswa yang cukup menyenangkan, harga barangpun kadang jug ala mahasiswa meskipun jatuhnya tetap mahal jika dibandingan dengan harga barang di Indonesia. Sampai ada tomat yang harga Rp 5000/ biji ( MasyaAllah). Disini juga ada warung Indonesia loh! 

3. Akses kebutuhan mahasiswa yang mduah diakses 

Selain itu banyaknya toko-toko yang menjual barang -barang untuk kebutuhan mahasiswa seperti toko makanan atau kebutuhan sehari-hari seperti AH (Albert Hein), ALDI Shop, Proxy ( Delhaize) dll , alat tulis menulis (ATK) seperti ACCO , HEMA dan sampai ke kebtuhan alat rumah tangga DI IKEA juga sangat banyak (karena tidak sedikit mahasiswa yang memang memilih utnuk membawa keluarganya dan tinggal bersama. Kampus pun menyiapkan asrama yang layak untuk disewa buat yang sudah memiliki pasangan. 

Nah, jika besok teman-teman berkuliah di Gent tidak usah khawatir, ini surganya mahasiswa nyaman dan tenteram. Jadi bisa lebi fokus meraih cita-cita yang diidamkan! 


Salam sukses selalu

Muhammad Aksan, Stalhof 49, Gent, Belgia 
Jangan Lupa Follow Instagram saya atau DM kalau ada yang ingin ditanyakan! 



Sebuah kiriman dibagikan oleh Akhsan Srojan (@akhsansrojan) pada

3 Responses to "Bagaimana rasanya kuliah di Gent University Belgia ? "

  1. Hi Akhsan, sy Susan. Saya ingin tanya tentang bench fee selain tuition fee. Berapa ki saran bench fee di faculty of Bioscience Engineering?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Susan, Faculty of Engineering and Architecture and Faculty of Bioscience Engineering
      Postgraduate Innovative Entrepreneurship for Engineers (60 credits) (interuniversity with KU Leuven, VUB, UA, UHasselt - registration at each of the participating universities)
      € 242.80 + € 11.60 per credit
      for 60 credits: € 938.80

      Delete
    2. Jadi sekitar 900-1000 -amn per tahun ( 60 credits)

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Coba Perhatikan Ini!

loading...