Belum Banyak yang Tahu, Ini Manfaat Luar Biasa Kolang Kaling!




Kenal dengan buah Kolang Kaling? Buah ini umumnya banyak kita temukan saat bulan Ramadhan untuk campuran es buah yang menyegarkan. Nah ternyata selain buah ini dapat kita olah dalam bentuk minuman segar ternyata ada beberapa manfaat lain yang terkandung dalam kolang-kaling yang jarang diketahui banyak orang.

1.   Melancarkan Sistem Pencernaan.  Ada dua jenis serat yang dihasilkan oleh buah dan sayuran, yaitu serat kasar (crude fiber) dan serat makanan (dietary fiber). Serat kasar sendiri memiliki manfaat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Kandungan serat kasar kolang kaling cukup tinggi yaitu sekitar 39 persen sehingga sangat cocok dikonsumsi bagi kamu yang memiliki masalah pencernaan.

2. Mencegah Obesitas dan Membantu Menurunkan Berat Badan. Makanan yang kaya serat seperti oat membuat perut merasa kenyang lebih lama dan menyerap air dengan baik. Selain oat, kolang kaling juga kaya akan serat. Mengonsumsi kolang kaling membuat kamu merasa kenyang lebih lama tanpa harus makan banyak.

3. Sehatkan  Tulang Vebma.  Zat besi sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang. Makanan seperti keju dan susu mengandung kalsium yang tinggi, akan tetapi kadar kalori makanan tersebut juga tinggi. Tidak perlu khawatir, karena kolang kaling adalah solusi makanan kaya akan zat besi dengan rendah kalori. Setiap 100 gram kolang kaling, terdapat 9 mg kalsium dan 33 mg fosfor, sedangkan kalorinya hanya 27 kcal. Tulang sehat tanpa harus takut berat badan meningkat dengan kolang kaling.

4.Sumber Energi Instan. Tidak heran kalau kolang kaling dijadikan hidangan pembuka puasa. Setiap 100 gram kolang kaling mengandung 21 gram karbohidrat. Kadar karbohidrat pada kolang kaling akan mengembalikan energi yang terbuang selama berpuasa. Mengonsumsi kolang kaling setelah berolahraga juga akan mengembalikan energi serta cairan yang hilang selama beraktivitas

5. Memulihkan Anemia. Zat besi tidak hanya bermanfaat bagi tulang, namun juga memiliki khasiat bagi sel darah. Kolang kaling dapat membantu penderita anemia memulihkan kembali kondisi tubuh dan juga sebagai pencegah anemia, tidak perlu lagi khawatir akan serangan anemia karena kolang kaling siap membantu.

Itulah 5 manfaat dari buah ajaib Kolang Kaling yang mungkin masih jarang diketahui oleh banyak orang, jangan pelit berbagi pengetahuan yah sahabat jika kamu anggap artikel ini bermanfaat.

Diolah dari Sehatpedia5  


0 Response to "Belum Banyak yang Tahu, Ini Manfaat Luar Biasa Kolang Kaling!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Coba Perhatikan Ini!

loading...