Cara Obati Mata Bintitan dengan Cara Rumah Tapi Tidak Murahan!



Bintitan atau hordeolum adalah suatu kondisi dimana di tepi kelopak mata tumbuh benjolan menyerupai jerawat atau bisul dan terasa sakit. Penyebab umum dari timbulnya bintitan pada kelopak mata adalah infeksi bakteri dan biasanya hanya tumbuh pada salah satu kelopak mata. Jika ada yang matanya terkena bintitan ini, jangan sekali-kali memencetnya karena cairan yang keluar ketika bintitan dipencet bisa menyebar ke area lain.


Nah, bagi anda yang sedang terkena mata bintitan,berikut ada beberapa cara yang tepat untuk mengobati mata bintitan, antara lain:


Kompres air hangat
Mengompres bintitan dengan air hangat akan membantu mengencerkan nanah dan mengempiskan bintitan secara alami. Caranya, dengan menggunakan handuk atau kain yang bersih yang sebelumnya direndam dalam air hangat. Kompreslah mata anda selama 10 menit sambil dipijat lembut. Lakukan hal ini sekitr empat kali sehari.

Kompres teh kantong
Teh kantong banyak manfaatnya, salah satunya adalah untuk mengobati mata bintitan. Teh hitam yang satu ini mampu mengurangi pembengkakan dan juga mengandung bahan antibakteri yang bisa mempercepat proses penyembuhan.
Cara penggunaannya adalah dengan merendam teh kantong ke dalam secangkir air panas selama 1 menit. Setelah itu angkat dan tiriskan. Tunggu sampai teh kantongnya menjadi lebih hangat. Setelah dirasa hangat, tempelkan teh tersebut pada bagian mata yang terkena bintitan 5-10 menit. Jika kedua mata terkena bintitan, maka gunakan juga dua teh kantong. Jangan gunakan teh kantong yang sama.

Bersihkan mata dengan lembut
Cara yang terakhir adalah anda harus lebih rajin membersihkan mata yang terkena bintitan. Gunakan air yang benar-benar bersih. Bisa juga dengan sabun atau sampo. Bersihkan dengan menutup mata agar tidak menimbulkan iritasi. Selain itu, hindari pemakaian lensa mata dan make up atau lotion pada area mata yang terkena bintitan agar tidak terjadi penyebaran infeksi.

Ketiga cara di atas merupakan langkaah awal yang dapat ditempuh untuk mengobati bintitan. Jika sudah melakukan ketiga cara di atas, namun bintitan tak kunjung sembuh,maka sebaiknya anda segera mengunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.  Dokter mungkin akan memberikan obat-obatan antibiotik untuk mengobati mata bintitan yang terinfeksi, memberi obat pereda nyeri dan antiradang jika diperlukan, dan melakukan tindakan pembedahan untuk mengeluarkan nanah pada mata yang bintitan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Obati Mata Bintitan dengan Cara Rumah Tapi Tidak Murahan!"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung di website kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...