Cara Paling Sederhana Menjaga Imunitas Tubuh, No.3 Murah dan Gampang!


MENJAGA KEKEBALAN TUBUH WAJIB BAGI SEMUA
APAKAH MAHAL? 
JAWABNYA : MURAH 
APAKAH SUSAH?
JAWABNYA : GAMPANG 


Jika anda kerap merasa lemah, mudah lelah, dan gampaang jatuh sakit, ini pertanda bahwa sistem kekebalan tubuh anda sedang melemah. Jangan anggap remeh, melemahnya sistem kekebalan tubuh bisa membuat tubuh anda mudah terserang virus, bakteri, jamur, dan penyakit menular lainnya.

Ada berbagai macam cara yang dapat ditempuh untuk mengembalikan kekebalan tubuh yang sedang melemah. Diantaranya dengan mengonsumsi makanan sehat. Makanan sehat yang kita konsumsi dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Makanan itu diantaranya:

1. Brokoli
Banyaknya nutrisi yang terkandung di dalam brokoli membuat sayuran yang satu ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Brokoli mengandung vitamin A,C, dan E serta kaya serat dan antioksidan.

2. Bayam
Kandungan beta karoten, vitamin C dan A yang ada pada bayam berperang penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Sayuran yang satu ini juga mengandung antioksidan tinggi. Hanya saja dalam hal memasak bayam ini tidak boleh terlalu lama agar kandungan nutrisinya tidak hilang.

3. Bawang putih
Bawang putih merupakan kelompok rempah yang mengandung zat yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Zat itu bernama allicin. Zat allicin ini juga dapat merangsang aktivitas dan produksi sel darah putih. Selain itu, bawang putih juga memiliki sifat antioksidan yang dapat meredakan peradangan, , menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung, dan menjaga tekanan darah tetap normal.

4. Kunyit
Warna kuning pada kunyit menunjukkan bahwa rempah ini mengandung kurkumin. Kurkumin merupakan antioksidan yang turut berperan dalam menunjang fungsi sistem kekebalan tubuh. Zat ini juga memiliki sifat antiradang yang diyakini dapat membantu mengatasi osteoarthritis dan rheumatoid artritis. Tak hanya itu, kunyit bahkan memiliki potensi untuk mengurangi risiko terjadinya sejumlah penyakit serius, seperti diabetes, demensia, gangguan jantung, hingga tumor.

5. Buah-buahan
Buah-buahan berwarna cerah dan terang kaya akan an_oksidan, vitamin, dan mineral yang berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat. Beberapa jenis buah yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah pepaya, jeruk, lemon, cabai, paprika, kiwi, mangga, jambu, dan stroberi.

6. Makanan laut
Makanan laut mengandung sejumlah nutrisi penting, seperti protein, omega-3, asam lemak tak jenuh ganda (PUFA), serta vitamin dan mineral, yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat. Jenis makanan laut yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh antara lain ikan, kerang, dan tiram.
7. Yoghurt
Yoghurt merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan probiotik. Selain yoghurt, probiotik juga banyak terkandung dalam makanan lainnya hasil fermentasi, seperti kimchi atau tempe. Probiotik adalah bakteri baik yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menghalau infeksi bakteri penyebab penyakit tertentu, seper_ diare, infeksi saluran kemih, dan ISPA. Untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar dapat berfungsi dengan op_mal, Anda perlu mengonsumsi makanan bergizi seimbang makanan dengan kandungan gula yang _nggi, dan makanan yang banyak mengandung kolesterol.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh Dengan Pola Hidup Sehat
Sistem kekebalan tubuh yang kuat juga dapat diperoleh dengan menjalani pola hidup sehat.
Beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh adalah:
1. Berolahraga secara teratur
Olahraga rutin dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan cara merangsang kinerja sel darah putih.Olahraga yang dilakukan 30 menit setiap hari bisa membantu tubuh dalam melawan infeksi. Olahraga juga dapat meningkatkan prosess kimiawi dalam tubuh dan membantu tidur lebih baik.

2. Kelola stres
Mengelolah stres itu sangat perlu. Stres yang berlebihan atau stres kronis dapat membuat tubuh mengalami aliran hormaon stress yang menekan sistem kekebalan tubuh. Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan untuk menghindaristres adalah dengan belajar bermeditasi, terhubung dengan orang lain, berolahraga untuk mengeluarkan uap dan konseling

3. Tertawa
Tidak hanya menyenangkan, tertawa juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaat tertawa adalah meningkatkan produksi hormon endorfin yang bisa meredakan stres dan membuat mood menjadi lebih baik. Dengan berkurangnya stres, sistem kekebalan tubuh pun akan tetap terjaga.

4. Berhenti merokok
Berhenti merokok merupakan salah satu cara untuk mengembalikan kekebalan tubuh. Orang yang merokok hanya akan membuat kekebalan tubuhnya menurun karena zat-zat adiktif yang terkandung dalam rokok itu. Baik itu perokok aktif maupun pasif.

5. Istirahat yang cukup
Meningkatkan kekebalan tubuh juga dapat dilakukan dengan istirahat yang cukup. Istirahat yang paling baik adalah di malam hari. Istirahat yang cukup akan membuat tubuh anda lebih banyak memproduksi antibodi atau zat kekebalan tubuh yang dapat mencegah infeksi.  Oleh karena itu, tidurlah yang cukup, setidaknya 7-9 jam per hari, agar kekebalan tubuh Anda tetap terjaga.

Anda masih juga sering sakit atau terkena infeksi meski sudah melakukan cara di atas, sebaiknya konsultasikanlah masalah tersebut dengan dokter.


Intisari dari alodokter.com dengan perubahan seperlunya

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Paling Sederhana Menjaga Imunitas Tubuh, No.3 Murah dan Gampang! "

Post a comment

Terima kasih telah berkunjung di website kami

Iklan Atas Artikel

Earn Money

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...