Kisah Manusia Gagal Masuk Neraka Malah Ditarik Masuk Surga karena ‘Prasangka’ Ini, Jangan Sepelekan!


Setiap kejadian pasti memiliki hikmah yang akan  menjadi pelajaran bagi setiap insan yang beriman. Allah SWT telah menciptalan manusia dengan sesempurna mumgkin yang memiliki akal dalam memaknai setiap kejadian dalam keseharian kita. Akal lah yang mampu membedakan baik dan buruk suatu hal, sehingga kita terbebas dari yang namanya salah pilih.

Ilustrasi Cerita, Sumber : Google 

Imam al Ghazali salah satu tokoh ulama pernah becerita tentang 2 kisah manusia yang akhirnya dibatalkan masuk neraka karena olah “akalnya” yang digunakan dengan baik. Akal terebut digunakan untuk “ khudznudzon” atau berprasangka baik terhadap apapun yang ditimpakan kepadanya.

Kisah yang pertama datang dari Yahya bin Aktsam yang sudah wafat hadir dalam mimpi sahabatnya. Ditanyakan bagaimana keadaannya. Yahya berkata: “Tuhan menyebutkan semua dosaku“.

Yahya ketakutan dan berkata: “Bukankah ada riwayat bahwa Engkau seperti dugaan hambaMu? Dan aku mecoba membacakan sanad tentang itu tersebut di depan Tuhan. Tuhan membenarkan ucapannya. Dan karena berbaik sangka padaNya itulah maka Yahya diampuni.

Allah berkata “Aku sebagaimana persangkaan hamba-Ku saja’ . Marilah kita berprasangka baik bahwa Allah akan ampuni dosa-dosa kita. Sebesar apapun dosa kita, berbaik sangkalah Allah akan diampuni . Jangan putus asa dari rahmat dan kasih sayang-Nya.

 

Kisah kedua yang dituturkan Imam al-Ghazali tentang harapan akan ampunan ilahi. Alkisah ada  seorang  orang dari Bani Israil yang dimasukkan neraka selama 1000 tahun . Dia terus menjerit memanggil Tuhan. Lantas Malaikat Jibril diperintahkan membawanya kepada Allah. Allah bertanya: “Bagaimana tempatmu?“. “Jelek“, jawabnya.

Tuhan menyuruh dia kembali masuk neraka. Dia berjalan keluar dan tiba-tiba membalik badannya kembali kepada Tuhan. Lalu ditanya, “Kenapa balik badan?“.

Dia menjawab, “Karena aku benar-benar berharap Engkau tak kembalikan aku ke neraka setelah sejenak aku dikeluarkan“.

Tuhan lalu perintahkan dia masuk surga karena ternyata dia masih punya harapan akan rahmat ilahi. Subhanallah.

Dari dua kisah pendek tersebut di atas kita dianjurkan untuk senantiasa memohon ampunan dan kasih saying rahmat dari Allah SWT, meskipun kita berlumuran dosa, namun memiliki “ harapan” besar pada-Nya maka mungkin kita bisa “batal masuk neraka” dan malah meraih surge-Nya.

Amin Ya Rabbal Alamin

 

sumber : nu.com dan edit seperlunya


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kisah Manusia Gagal Masuk Neraka Malah Ditarik Masuk Surga karena ‘Prasangka’ Ini, Jangan Sepelekan!"

Post a comment

Terima kasih telah berkunjung di website kami

Iklan Atas Artikel

Earn Money

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...