Lalat Penyebab Orang Ini Masuk Surga, Kok Bisa?



Balasan surga atau neraka hak penuh Allah SWT kepada siapa akan diberikan. Manusia akan diberikan ujian sepanjang hidupnya dengan segala lika-likunya. Banyak sekali hal yang terlihat ‘ sepele’, banyak sekali kisah-kisah atau yang riwayat menceritakan tentang wanita yang taat ibadah dijamin masuk neraka karena menyiksa seekor kucing, ada juga kisah tentang wanita tuna susila yang masuk surga karena menolong seekor anjing.
Ilustrasi 1 : Lalat  , Source : Google 

Ternyata makhluk Allah yang lain juga bisa membawa manusia menuju surga dan neraka. Seperti kisah tentang dua orang yang masuk surga dan neraka karena seekor lalat berikut ini. Salah satu dari mereka masuk neraka, sementara satunya lagi menikmati indahnya surge . Bagaimana kisah selengkapnya ;
Kisah ini ditulis oleh Imam Ahmad bin Hnibal dalam kitab yang berjudul Az Zuhud. Ia menulis sebuah riwayat yang disampaikan sahabat Salman Al Farisi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda yang artinya,
Ada seorang lelaki yang masuk surga gara-gara seekor lalat dan ada pula lelaki lain yang masuk neraka gara-gara lalat.”
Para sahabat yang bingung kemudian bertanya “Bagaimana hal itu bisa terjadi wahai Rasulullah?”

“Ada dua orang lelaki,” jawab Rasulullah, “yang melewati suatu kaum yang memiliki berhala. Tidak ada seorangpun yang diperbolehkan melewati daerah itu melainkan dia harus berkorban dengan cara memberikan sesaji sesuatu untuk berhala tersebut. Mereka pun mengatakan kepada salah satu di antara dua lelaki itu, “Berkorbanlah!”
Ia pun menjawab, “Aku tidak punya apa-apa untuk dikorbankan.”

Rasulullah meneruskan, mereka mengatakan, “Berkorbanlah, walaupun hanya dengan seekor lalat!”. Orang tadi kemudian menangkap lalat dan mengorbankannya. Karena pengorbanan tersebut mereka pun memperbolehkan dia untuk lewat dan meneruskan perjalanan. Karena sebab itulah, ia masuk neraka. Mereka kemudian memerintahkan satu orang lagi untuk berkorban serupa seperti yang dilakukan oleh orang sebelumya.
“Berkorbanlah!, Ia menjawab, “Tidak pantas bagiku berkorban untuk sesuatu selain Allah ‘azza wa jalla.” Akhirnya, mereka pun membuat pria ini kehilangan nyawa karena berani membantah . Karena itulah, ia masuk surga.

Illustrasi 2, Source : Google Courtesy


Demikianlah keadaan dua orang manusia yang nasibnya berbeda karena salah satunya berujung di neraka selama-lamanya, dan yang lainnya berujung di surga selama-lamanya. Padahal, keduanya sebelumnya adalah sama-sama seorang Muslim.
Sahabat UCers kisah mengajarkan kita untuk senantiasa menjaga akidah yang lurus jangan sampai kita terjerumus ke neraka hanya karena hal yagng tampak sepele namun besar di hadapan Allah SWT

Semoga mengedukasi dan menginspirasi

Rewrite : La Topanrita

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Lalat Penyebab Orang Ini Masuk Surga, Kok Bisa?"

Post a comment

Terima kasih telah berkunjung di website kami

Iklan Atas Artikel

Earn Money

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...