3 Hal Sepele Membuat Sholat Jum’at Anda ‘Batal’, Sayang Cuma Dapat Capek Aja!


Salah satu hal wajib bagi lak-laki yang sehat serta berakal adalah menjalankan sholat Jumat.  Sholat Jumat ini begitu utama hingga bersifat wajib. Bahkan jika seorang laki-laki tidak melaksanakan sholat Jumat tanpa alasan yang syar i ( jelas) dianggap murtad atau keluar dari Islam hingga menanggung dosa besar.
Ilustrasi : Sholat Jum'at

Meskipun sholat hanya sekali seminggu namun begitu besar faedah dan keutamaannya, selain kita memang diwajibkan untuk melaksanakannya sebagai hamba Allah yang bertakwa ternyata sholat Jumat itu mempererat ukhwah Islamiyah, ternyata beberapa keuntungan seperti pengampunan dosa, bahkan melaksanakan sholat Jumat seperti puasa dan sholat setahun. MasyaAllah memang sungguh luar biasa ganjaran yang bisa diterima.
Lalu bagaiman jika kita melakukan hal –hal sepele yang justru membuat kita tidak mendapat apa-apa, betrikut 3 hal yang sangat sepel yang kerap dilakukan , mungkin tidak disadari yang bisa menhapus semua faedah sholat Jumat itu.
1
  1.       Berbicara


Dilarang berbicara ketika khatib sedang berkhutbah, khususnya pembicaraan yang tidak perlu. Karena ada pendapat jamaah Jumat boleh berbicara jika ditanya oleh khatib. Ketika sedang berkhutbah, Rasulullah pernah bertanya kepada sahabat yang baru datang apakah ia sudah sholat sunnah, sahabat itu pun menjawab pertanyaan Rasulullah.

Larangan berbicara ketika khatib sedang berkhutbah ini, menurut Syaikh Wahbah Az Zuhaili hukumnya makruh sedangkan menurut Sayyid Sabiq hukumnya haram. Namun kedua-duanya bisa menghilangkan pahala Sholat Jumat.

 2. Tidak fokus, bermain kerikil dan lainnya

Rasulullah berkata “Siapa yang berwudhu dengan memperbagus wudhunya kemudian mendatangi Sholat Jumat, mendengarkan dan memperhatikan khutbah, maka diampuni dosanya antara dua Jumat ditambah tiga hari. Siapa yang menyentuh kerikil maka ia telah berbuat sia-sia”

3. Berucap tak perlu meskipun satu kata ( bergosip/ghibah)

Tak hanya bercakap-cakap, bahkan mengucapkan satu kata yang tak perlu saja bisa menghilangkan pahala sholat Jumat.

 Siapa yang berbicara kepada temannya di hari Jumat ketika imam sedang berkhutbah, ‘diamlah’ maka ia telah berbuat sia-sia

Semoga artikel ini bermanfaat demi kesempurnaan ibadah sholat Jumat kita.

Penulis : La Topanrita

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "3 Hal Sepele Membuat Sholat Jum’at Anda ‘Batal’, Sayang Cuma Dapat Capek Aja!"

Post a comment

Terima kasih telah berkunjung di website kami

Iklan Atas Artikel

Earn Money

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...