Biaya Hidup Bulanan Penerima Beasiswa VLIR UOS di Kota Ghent

Bismillah 

Assalamu alaikum warah matullahi wabarakatuh

Belanjaan bisa seminggu sampe bulanan

Sudah begitu lama saya tidak berbagi lagi sejak kepulangan saya dari Belgia. Alhamdulillah akhirnya sudah pulang ke tanah air (meski masih ada urusan di Belgia) yang harus diberesin.

Pasti ada yang penasaran seberapa besar seh biaya hidup di kota gent per 2018-2020 (sesuai pengalaman saya saaat masih kuliah di Ghent University, Kota Gent.

Jadi karena beasiswa dari VLIR UOS itu sejumlah 1150 Euros ( 18- 20 juta) /bulan maka saya akan mengacu pada jumlah tersebut untuk membahas seberapa seh yang dihabiskan setiap bulannya

Yuk langsung saja kita bahas. Ada beberapa kebutuhan yang wajib kita alokasikan dananya diantaranya :

1. Biaya akomodasi ( rumah dan perlengkapannya)

    Salah satu biaya yang cukup menguras kantong beasiswa adalah biaya sewa rumah. Karena biaya ini bisa mengerus hingga 50% dari beasiswa bulanan kita. Jadi bagi kalian yang sampe pada angka 18-20 juta di paragraf sebelumnya dan merasa takjub sebaiknya stop saja karena ini baru permulaan hehe. Tapi sebelum sampai kepada pembahasan expenses pribadi saya di akomodasi mari kita bahasa standar akomodasi di Kota Ghent. Jadi standar biaya akomodasi untuk mahasiswa itu beragam sesuai dengan keadaan kamarnya yakni 200 - 700 an euros. Akomodasi itu bisa berupa single room atau family studio (apartemen keluarga) bahkan ada yang rumah tentu saja lebih mahal karena terdiri atas beberapa kamar. 

Kebetulan saya tinggal di Asrama Mahasiswa Ghent University. Tepatnya di Home Gottingen yang beralamat di Stalhof 49, 9000 Gent ( pasti ingat Jerman ya) , ya betul ini asrama mahasiswa international yang diberi nama kota yang ada di Eropa Barat seh kayaknya, karena ada juga Groningen yang mana itu salah satu kota di Belanda atau nama-nama toko yang terkenal di Belgia. Jadi waktu 2018, saya membayar sebesar 411 Euros (7 jutaan)  juta untuk kamar yang kurang lebih seperti ini gambar dibawah ini :

Suasana akomodasi di Gottingen Stalhof 49 (2018)

Meja belajar yang sangat confy

Lemari pakaian yang cukup besar

Kamar mandi dalam dilengkapi
shower ( full furnished)

Wastafel kamar mandi + cermin

kabinet di atas kasur tidur

Hadiah dari penghuni sebelumnya. Thanks

Jadi itu adalah harga akademik 2018-2019. Kamar tersebut cukup luas bahkan menurutku cukup luas malah. Kamar single room sudah full furnished sudah lengkap dengan fasilitas seperti bed/matras, kamar mandi pribadi, kulkas kecil, lemari kontainer (bisa jadi meja juga), lemari pakaian dua pintu dengan rak-rak yang sangat cukup untuk menaruh barang, meja dan lampu belajar, papan untuk menempel schedule, kontainer diatas bed dan lainnya pokoknya lengkap deh. 

Pokoknya sangat lengkap dan nyaman. Menurutku biaya sewa ini termasuk murah. Satu hal yang sangat penting adalah privasi dan kenyamana belajar adalah hal yang saya suka di kamar tersebut. Tak heran saya bisa bertahan di asrama kamar itu selama 2 tahun. Saya kangen sekali dengan kenyamanan. Sewa rumah ini juga meningkat tidak terlalu signifikan hanya dari 411 ke 423 saya rasa kenaikan di tahun 2019-2020 sangat tipis. 

Oh ya bagi kalian yang suka sekali berselancar dunia internet, kecepatan internet di Eropa, khususnya di Belgia sudah sangat kenceng hingga mencapai 30-an lebih mbps (meski entah kenapa saya merasa kecepatan internet waktu saya kuliah di Belanda dulu lebih kenceng seh. Tapi dibanding di Indonesia sudah tidak diragukan lagi. 

Selain itu karena ini asrama mahasisw, jadi ada petugas yang akan mengecek mantainance jika ada kendala misalnya kerusakan atau ada masalah lainnya. Semua biaya ini sudah termasuk didalam (all included). Kecuali kita merusak fasilitas yang fatal itu diluar sewa bulanan tersebut. Alhamdulillah, selama 2 tahun di kamar itu tidak ada satupun barang saya yang rusak ( karena saya) tapi  mostly dari penghuni sebelumnya. Makanya tips pada saat pengecekan awal masuk diperiksa baik2 ya agar tidak merugikan diri sendiri. Soalnya di awal kita harus bayar deposit jadi kalau ada kerusakana sayang kan kalau di potong depositnya. 

2. Biaya makan dan pakaian

Selanjutnya hal yang sangat penting lainnya adalah belanja bulanan. Seberapa besar kah biaya makan di Kota Gent ?. Nah kalo yang satu ini relatif ya tergantung orangnya. Kalau saya pribadi jujur saja agak sedikit boros soal makanan, maklum fikirannya pengen perbaikan gizi (padahal sama saja hehe). 

Lagi liatin apa pak??

Berdasarkan pengalaman pribadi saya bisa menghitung secara kasar berapa biaya tiap  bulannya: sekitar 100-200 euros ( atau 3 jutaan lebih sebulan). Kalo di Indo ini sudah 2-3 bulan ya guyss. Secara ini di salah satu kota mahal Kota Gent di Belgia wajar sekali. Meski kalau saya pribadi bisa saja kita menghabiskan 50-100 euro saja (hidup pas-pasan) makan dengan pola hidup sederhana. Ada lo teman saya cuma habis 500-100 euros dari Filipina. Tapi jujur seh anaknya emang keren ,,,,keren akademis kerena nabunyanya juga sangat keren. 

Sedikit gambaran sebagai orang Indonesia, karena saya suka masak jadi biaya diatas sudah masak ya ( wooo) giman kalo gak masak sama sekali ? ya bisa ditebak beasiswa bulanan cuma bisa makan dan tidur saja guyss. 

Untuk kebutuhan pakaian. Saya pribadi suka sekali mengoleksi pakaian. Cepat bosan sama satu pakaian. Saya jarang membeli pakaian bermerek yang baru bahkan malah kadang beli pakain bekas di de wrinkel (toko barang bekas) di Belgia. Barang disana keren2loh sering ada barang cukup bermerek tapi ga terlalu high end seperti Zara, Ben Sherman dan pakain medium branded lainnya. Harga bisa 2-5 Euros per piece. Jadi kalo saya pribadi 50 euros cukup untuk satu bulan.



Belajar masak Salmon dan yeey berhasil
Kangen masak bgeini lagiii....

Pakaian penting karena tidak semua musim kita bisa pakai pakaian yang sama, Tahu kan 4 musim biasanya mereka jual baju sesuai fungsinya. Tapi jujur seh saya merasa 3 musim di Belgia sama saja Winter, Spring dan Autumn (Dingin, semi dan gugur) sama2 dingin minta ampun jadi pakaiannya jarang nambah, cukup pakai pakain yang lama. 

Jadi banter-banter habis 100-300 euros sebulan untuk biaya makan dan pakaian. 

3. Biaya rekreasi/ refreshing/ travelling/fashion dll

Nah ini tidak bisa di pandang sebelah mata. Saya yakin ada tidak akan tahan menahan indahnya negara Eropa ( hampir semua) untuk dijelajahi. Jujur selama di Belgia travelling saya termasuk moderat. Entah kenapa, mungkin aktfitas kuliah menghalangi keinginan tuk menjelajah. Kalo gak saya cuma menjelajah 3 negara saja selama 1 tahun yang murni jalan-jalan (Hungaria, Austria dan Slovakia). Trip ini it was rush, gak bener2 travelling malaha yang kerasa hecticnya. Nanti saya ceritakan di blog selanjutnya ya...Keep update ya..

Cukup travelling dalam negeri Belgia saja
(Throwback trip to Kota Dinant)

Kalo menurut expense saya pribadi per bulan itu cukup alokasi 50-100 euros. Kan tidak setiap bulan travelling kan ya. 

4. Biaya pulsa telpon dan data paket ( non-wifi)

Jujur biaya ini cukup mahal menurutku meski bulanana cukup habisin 5-15 Euros. Saya merasa biaya internet yang bukan wifi cukup mahal. Sebagai contoh 500 MB dihargai 5 Euros dan 10 Euros 1 GB. Biaya ini dikeluarkan hanya jika bepergian dan butuh google map. Jujur pribadi saya gak pernah berani bepergian tanpa internet data di HP saya (maklum pengalaman sering tersesat)

5. Biaya transportasi

Biaya transportasi ini relatif juga. Kalau teman-teman suka bepergian dengan train (kereta api), tentu berbeda dengan naik TRAM ata bus. Kebetulan saya jarang sekali travelling, paling di dalam Gent saja. Biaya bus de Lijn cukup 1.5 Euros per jam mau kemana saja biaya cuma segitu. Jadi seringskali saya naik bus dari satu tempat ke tempat buru2 agar gak bayar lagi satu jam berikutnya. 

Bus de Lijn (Khusus wilayah Flemish/Flanders)

Biasanya saya beli paket 10 Trip harga 15 Euros. Ini bisa dipakai 1- 2 bulan bahkan berbulan-bulan. Tapi kalau bulanan seh relatif, di kasus saya 5 euros ( 3 trip) paling maksimal. 

6. Biaya pendukung kuliah 

Karena di Kampus saya Ghent University kita belajar paperless atau hanya mengandalkan powerpoint dari dosennnya jadi tidak terlalu butuh banyak kertas. Terlebih jika dosennya sudah print duluan sumpah memudahkan banget. Beda sekali pas saya kuliah di UNESCO IHE itu benar-benar hampir tiap hari print ( tapi murah seh karena kena subsidi. 

Paling yang dibeli itu buku teks kayak buku wajib untuk dipakai seumur hidup. Cukup mahal biasanya karena dapat diskon dari jurusan jadi lebih murah. 

Untuk biaya satu ini 10 euros sudah cukup sebulan. 

7. Biaya kesehatan

Sebagai gambaran saja. Biaya rumah sakit , dokter dan klinik di Belgia sangat mahal. Meski sebagai penerima beasiswa VLIR UOS yang di cover asuransi,  tapi saat teman-teman berkonsultasi dan membeli obat itu tetap harus pakai uang pribadi dulu. Jadi hal sangat penting dialokasikan dananya.

Berdasarkan pengalaman saya 5-10 kali kayaknya saya menemui dokter sepanjang  2 tahun. Alhamdulillah tidak pernah mengalami sakit yang parah sehingga harus di rawat di RS. Satu klai konsultasi itu 20-30 Euros per meeting. Belum lagi kalau ada biaya treatment dan obat bisa mencapai 100-200 Euros ( tergantung tindakan dan jenis obatanya apa)

Saran saya alokasikan dana 100-200 untuk kesehatan tiap bulannya. Terpakai atau gak itu wajib. Toh itu juga bisa jadi tabungan karena sebagai penerima beasiswa VLIR UOS, semua biaya yang akan di reimburse (diganti) dengan menunjukkan bukti bayar dan surat2 dokumen lainnya. 

Jadi secara umum berikut alokasi biaya hidup bulanan penerima beasiswa VLIR UOS di Kota Gent per bulan;

1. Akomodasi                               423 Euros

2. Biaya makan dan pakaian         200 Euros

3. Biaya traveling                         100 Euros

4. Biaya paket data                       20 Euros

5. Biaya transpotasi                       5 Euros

6. Biaya pendukung kuliah               10 Euros

Total                                :         758 Euros ( 13 Jutaan)- 

Estimasi biaya dengan gaya hidup tidak hemat juga tidak boros banget---

Jadi dari nominal beasiswa VLIR 1150 Euros- 758 Euros = 392 Euros ( 400 Euros) = 5-6 jutaan ( Lumayan banget) kan?. 

 bisa masuk ke tabungan. Alhamdulillah. Ada yang bisa save 600 Euro loh ,mantepp!!

* sebagai informasi tambahan ada beasiswa Top Up Grant dengan beasiswa 650 cukup untuk sebulan hidup di akomdasi 300 eruos dan 300 euros di cukup2 kan.Teman saya itu berhasil lulus nilai tinggi top dikelas meski bukan terbaik. Dan bahkan beliau masih bisa nabung dari sisa beasiswa itu.,bagaiman kalau anda penerima beasis VLIR yang lebih banyak 45 % dari beasiswa ini. 

Jadi kira-kira seperti itu teman-teman

Kalau ada yang tanya apakah beasiswa VLIR UOS cukup ? Jawabannya sangat cukup yang penting gaya hidup dikontrol dengan baik, uang itu anda sdendiri yang kelola. 

Ingat tujuan beasiswa itu untuk membuat hidup kita nyaman sehingga bisa belajar dengan baik dan bisa menabung buat bekal pulang indo for good!

Selamat berjuang di VLIR UOS 2020/2021

Semangat terus...Ganbatte!


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Biaya Hidup Bulanan Penerima Beasiswa VLIR UOS di Kota Ghent"

Post a comment

Terima kasih telah berkunjung di website kami

CopyAMP code
CopyAMP code