Bagaimana rasanya ujian semester di Belgia?

Ucapan Selamat Ujian dari Gent University-Office Housing -Keren kan!!

Apa kabar teman-teman semua? sudah lama sekali saya tidak update tentang Belgia.

Kali ini ada topik yang menarik untuk dibahas. Apa kira-kira ya?
Kali ini saya akan membahas tentang rasanya ujian semester setiap 4 bulan sekali (terhitung satu semester)

Sesuai dengan pengalaman saya neh, ternyata ujian di Belgia itu berbeda dengan negara lainnya. Biasanya ujian itu hanya diberi 1-3 jam dengan soal yang disesuaikan dengan alokasi waktu dalam bentuk tertulis. Kebanyakan soal itu dalam bentuk pertanyaan 'open question' atau pertanyaan kasus atau permasalahan ,dan sifatnya close book ( ujian tertutup)

Nah ternyata di Belgia ini selain kita ada ujian tertulis kita juga ada ujian lisan..
Nah pasti ada yang bertanya wah gimana tuh prosedurnya ? Disini saya jabarkan

Jadi pada saat kita selesai mengerjakan soal misalny 1-5 nomer dalam rentang waktu 1-3 jam tadi (kita bisa selesai dan mengantri ujian lisan). Atau jika profesor pengampu mata kuliah sudah menentukan nomer yang akan dijadikan bahan ujian lisan maka kita hanya fokus pada pertanyaan tersebut

Disini bagusnya juga adalah selama ujian kita juga diperbolehkan bawa makanan ringan dan minum selama ujian dengan aturan tidak mengganggu tetangga sebelah. Saya rasa tidak semua negara atau kampus di Eropa menerapkan demikian 

Ujian lisan ini bertujuan untuk klarifikasi dan menambah poin atau memperbaiki jawaban. Setiap dosen atau profesor memiliki aturan sendiri. Ada profesor yang mematok 'ujian lisan ' dengan skor tertentu misalny 2, atau 4  dalam skala 20,tapi ada juga dosen yang mematok jawaban salah di ujian tertulis kena minus/penalty dan diperbaiki atau 'diperburuk' konsekuensinya sama.

Disini nilai maksimal 20/20 ,10/20 dianggap lulus, selain itu diberlakukan sistem pembulatan kalau skor 9,5 itu dianggap lulus tapi <9,4 atau <9 saja tidak dianggap lulus. Proporsi ujian (exams 50% -100%) dari total keseluruhan nilai.
Jika teman-teman tidak lulus,maka diberi kesempatan untuk ujian ulang (retake) yang skorny mulai dari nol artinya tidak ada batasan nilai tetap berpeluang dapat 20/20 ( meski nilai ini hampir tidak mungkin ,sejauh ini 19/20 adalah nilai tertinggi yang pernah ada). Retake bisa dilakukan tahun berikutnya ( tahun ajaran baru baik di semester 1 atau semester 2) bagi yang program master 2 tahun.

Nah segitu dulu informasi yang saya bagikan kalau ada yang kurang jelas silahkan berikan komentar di bawah ini ya..

0 Response to "Bagaimana rasanya ujian semester di Belgia?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Coba Perhatikan Ini!

loading...