Mantul Berikut 4 Cara Ampuh Mencerdaskan Bayi



Harus dipahami oleh kita sebagai orang tua bahwa otak manusia itu bersifat plastis, artinya dapat berubah, beradaptasi, dibentuk dan terus tumbuh. Otak dapat dibentuk melalui stimulasi. Anak-anak yang mendapat stimulasi otak berpotensi memiliki kecerdasan majemuk yang maksimal.
Di usia ini, otak anak seperti spons yang dapat menyerap banyak informasi dari lingkungannya dengan cepat. Nah, selaku orang tua sejak dini bisa berusaha agar anaknya cerdas dengan melakukan beberapa usaha berikut. Apa saja yang bisa dilakukan agar anak cerdas sejak bayi? Yuk kita simak ulasannya
Ada empat cara yang bisa kita upayakan agar kecerdasan anak terbentuk sejak dini antara lain:
1.      Jalin ikatan emosional. Cara paling mudah yang bisa Ibu dan Ayah lakukan untuk menstimulasi kecerdasan Si Kecil adalah dengan melakukan berbagai kegiatan untuk menjalin ikatan emosional (bonding time). Menurut penelitian, sering melakukan kegiatan bonding time dengan bayi dapat menstimulasi kecerdasan dan meningkatkan IQnya.
2.      Berikan mainan sesuai tahapan usia. Memberikan mainan sesuai usia bayi bermanfaat untuk menstimulasi kemampuan sensorik dan motoriknya. Untuk bayi yang berusia 1-3 bulan, berikan mainan yang banyak mengeluarkan bunyi dan mudah digenggam. Pastikan mainan tersebut terbuat dari bahan yang aman bagi bayi.
Sedangkan jika usia Si Kecil sudah 3 bulan, Bunda dan Ayah bisa memberikan mainan yang memiliki beragam tekstur, misalnya boneka berbentuk binatang. Jika usianya sudah 9 bulan ke atas, berikanlah mainan dengan berbagai bentuk dan dapat melatih ketangkasannya, seperti puzzle atau balok susun.
3.      Rutin mengajak bayi berbicara. Meskipun terlihat sederhana, rutin mengajak bayi bicara bermanfaat untuk menstimulasi kecerdasannya, terutama dalam kemampuan berbahasa. Berbicara dengan intonasi yang berbeda dan menarik, akan membuat bayi lebih mudah untuk menirunya. Pastikan juga ada kontak mata dengan Si Kecil saat Bunda dan Ayah mengajaknya bicara, ya. Hal ini karena kontak mata saat bicara akan memudahkannya untuk membangun memori di otak.
4.      Ajak bayi mengenal lingkungan sekitar. Tidak ada salahnya sesekali Bunda dan Ayah mengajak Si Kecil beraktivitas di area sekitar rumah, seperti mengajaknya bermain di taman atau diajak bersilaturahmi dengan tetangga. Hal ini bermanfaat untuk menambah kosakata dan menstimulasi otak bayi untuk berpikir

Tanamkanlah segala hal positif  pada anak sejak usia dini baik untuk tingkat kecerdasan dan juga sikapnya, tentu dengan pendekatan pendidikan agama juga menjadi hal yang utama. Salam inspirasi

    Sumber: inspiradata.com

0 Response to "Mantul Berikut 4 Cara Ampuh Mencerdaskan Bayi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Coba Perhatikan Ini!

loading...