Kenali Kepribadianmu, Aku Mantan Introvert + Korelis, Sekarang Apa?

Salah Satu Park di Gent, Belgia ( Musim Salju 2019)


Well, kali ini benar-benar waktunya reveal ( mengungkap) kepribadian sehingga lebih terarah sehingga bisa mencari solusi atas kelemahan yang dimiliki oleh seseorang dengan penciri kepribadian tertentu. Dulu saat masih ikut suatu MLM yang sudah tidak mau saya sebut namanya mengajarkan kita agar tahu pasti kepribadian orang, seseorang bisa saja Introvert, Extrovert dan atau Ambivert  menurut Carl Jung . Kita juga diajarkan untuk mengerti ke-4 kepribadian berdasarkan konsep Hippocrates

Menurut Hippocrates ada 4 macam kepribadian umum yang tercermin dalam sikap dan personality manusia yakni :


1. Melankolis

2. Plegmatis
3. Korelis
4. Sanguin

Judul utama di atas memang relatif ambigu tapi begitulah adanya, saya mengalami perjalan shifted kepribadian karena pengaruh lingkungan yang terus berubah. Tapi apakah betul ada shifted ( semoga ada ahli psikologi bisa memberi jawaban atas ini), tulisan saya ini hanya ingin mencoba meraba kepribadian saya dari kecil hingga usia kepala----seperti saat ini. 


Mari kita mulai, di salah satu website resmi saya membaca sebuah artikel, disitu dikatakan bahwa ' introvert' adalah orang yang pendiam, tertutup, kemampuan sosialnya kurang dan sejenisnya. Itu adalah kepribadian saya selama kurang lebih 12 tahun di masa kanak-kanak, saya menyenangi pelajaran berhitung dan sesuatu yang tidak membutuhkan banyak bicara misalnya matematika, membaca dan menulis/ mengarang bahkan melukis dalam suasana tenang hingga puas hasil gambar yang didapatkan, saya sunggu perfectionis, tidak akan berhenti sebelum mencapai titik maksimal yang ingin saya capai. 


Lalu di usia remaja secara bersamaan, sepertinya saya begitu Korelis, dimana di website resmi yang berbeda dikatakan bahwa kepribadian seorang korelis itu cenderung keras kepala, suka memimpin dan bersemangat tapi juga penuh emosiona. 


Persis seperti itu yang kurasakan kala remaja, saya begitu keras kepala sering menentang pendapat orang lain/ bahkan kadang atau sering malah orang tua [ keluarga] , sering sekali ditunjuk atau bersedia jadi orang terdepan jadih pemimpin seperti ketua kelas, ketua OSIS dan ketua-ketua lainnya yang  frekuensinya lumayan sering. 


Lalu seperti apa diriku sekarang 


Menurutku, saat ini aku lebih ' Ambivert' yakni kepribadian yang berada di tengah-tengah yang mana kepribadian seperti ini memiliki kemampuan dual system- bisa menjadi ' Introvert , tapi juga sangat ahli jadi " Extrovert


Mari melihat fakta [ mungkin bagi beberapa sahabat saya sadar] bahwa seperti ada dua kepribadian dalam diri saya, lantaran bisa menjadi sangat pendiam di satu waktu tapi juga bisa akan sangat ramai dan cerewet di suasana tertentu. Itulah yang kurasakan. 


Lalu bagaimana dengan teori Hippocrates , menurutku aku begitu Sanguin, sosok pribadi yang begitu menonjol , suka berbicara, selalu bersemangat, dikatakan bukan tipe pemimpin ( makanya sering nolak atau mungkin gagal mimpin orang wkwkwk), dan yang begitu terasa ' fikiran yang yang sering berubah-ubah' , kepribadian type ini erat kaitanya dengan extrovert personality 


Sanguin disebut juga kepribadian 'populer' . Terasa sekali juga bahwa pribadiku adalah sosok yang suka diperhatikan makanya rajin selfie haha. Ingin selalu disenangi orang lain, memiliki rasa percaya diri yang tinggi, senang dalam suasana  pesta, berkumpul dengan teman-teman namun hidupnya ' tidak teratur', susah diajak serius dan berkonsentrasi, keputusannnya adalah hasil fikiran pendek. 


Secara lebih detail dijelaskan sbb:



Tipe Emosi : kepribadian yang menarik, suka bicara, suka tampil di depan umum, mampu menghidupkan pesta, memiliki ingatan kuat terhadap warna 

emosional dan demonstratif, baik di ' panggung' penuh rasa ingin tahu, mudah mengikuti perubahan, berhati tulus, tampak childish [ kekanak-kanakan] 

Sebagai Orang Tua : 


Sangat disukai oleh anak-anak, membuat suasana rumah menjadi menyenangkan, mampu rubah musibah/bencana jadi humor, ada lelucon-lelucon secara spontan. Tetangga akan sangat senang dengan keberadaan orang Sanguin. 



Di lokasi kerja :
Sukarelawan menerima dan menjalankan tugas, memikirkan kegiatan baru yang menyenangkan, memiliki kreatfitas yang tinggi serta inovatif, selalu memikirkan cara yang memukau dan menyenangkan, tampak hebat di permukaan, energi tinggi dan penuh antusiasme, memberi semangat orang lain untuk bekerja, mampu memotivasi orang lain tuk bekerja. 
Kalau berteman dengan orang Sanguin :
Mudah bergaul dan berteman dengan siapapun, mencintai orang disekitarnya, suka dipuji, diperhatikan, tampak menyenagkan, bukan pendendam, mudah minta maaf, gampang mencairkan suasana agar tidak membosankan, suka kegiatan yang menyenangkan dan spontan. 

Meski begitu berikut kekurangan si Sanguin ( alias kekurangan ane' ) 
1. Tidak terorganisir
2. Susah ingat hal-hal terperinci
3. Kurang serius dalam hal apapun
4. Terlalu mudah ditipu dan kekanak-kanakan
5. Mempunyai ide yang begitu cemerlang namun tidak mampu melaksanakan hingga akhir
6. Merasa jadi orang tanpa kesalahan
7. Berbicara terlalu banyak ( kelemahan karena susah jaga rahasia kaleee yaaa) hahah
8. Mempunyai ingatan yang belum dikembangkan
9.Pelupa
10. Suka menyela
11. Menjawab untuk orang lain ( memotong pembicaraan)
13. Tidak tertib 
14. Tidak dewasa
LALU APA SOLUSI DARI KELEMAHAN ITU ??

TO BE CONTINUED.....

0 Response to "Kenali Kepribadianmu, Aku Mantan Introvert + Korelis, Sekarang Apa? "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Coba Perhatikan Ini!

loading...