CARA MENAIKKAN BERAT BADAN SI MUNGIL YANG GAK NAIK-NAIK, MUJARAB!




Asi merupakan makanan terbaik bagi bayi. Bayi yang mendapatkan asupan asi yang cukup akan mengalami kenaikan berat badan yang stabil. Berat badan bayi akan bertambah mengikuti pertambahan umur bayi. Berat badan bayi dengan usia 0-6 bulan akan bertambah sekitar 560-800 gram perbulan. Sedangkan umur 6-12 bulan beratnya akan bertambah 340-560 gram perbulannya.

Namun terkadang ketika imunisasi banyak kita dapati bayi yang memiliki berat badan yang kurang stabil. Kira-kira apa penyebabnya ya bun? Beriut penjelasannya:

Meskipun bayi mendapatkan asi dari ibunya, namun tidak menjamin pertambahan berat badan bayi akan selalu stabil. Ini  dikarenakan beberapa hal berikut:

Menyusui yang salah yang mengakibatkan bayi merasa lelah ketika menyusu dan akhirnya malas untuk menyusu. Durasi menyusui yang terlalu singkat sehingga bayi kurang Posisi puas . Air susu yang dihasilkan oleh ibu kurang.

Jika sudah demikian adanya, bunda harus berusaha agar berat badan bayinya bisa normal kembali. Beberapa tips berikut mungkin bisa membantu:

Menyusui bayi sesering mungkin

Kebiasaan menyusui bayi sesering mungkin akan membantu menaikkan berat badannya. Susuilah bayi anda setiap 2-3 jam sekali selama 20 menit. Bila bayi anda berhenti menyusu sebelum 20 menit, anda disarankan  segera mengganti posisi menyusui. Buatlah bayi anda bersendawa terlebih dahulu. Bila perlu gelitiklah kaki si kecil agar terangsang untuk kembali ingin menyusu.

Memberikannya makanan bergizi

Jika Si Kecil sudah bisa mengonsumsi makanan pendamping ASI (MPASI), berikanlah ia makanan bergizi yang kaya akan kalori, protein, serat, dan lemak baik. Contohnya adalah minyak zaitun, pisang, alpukat, keju, dan yoghurt. Sebagai tambahan, Bunda juga bisa memberikan Si Kecil susu formula.

Mengonsumsi makanan bergizi

Biasanya produksi asi ibu bergantung dari asupan makanan yang dikonsumsi oleh ibu itu sendiri. Seorang ibu yang menyusui disarankan agar lebih banyak mengonsumsi makanan yang kaya akan gizi, seperti gandum, bawang putih, sayuran hijau, wortel, stroberi, dan lemon.

Menemui konsultan laktasi

Jika perlu, Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter atau bidan yang merupakan konsultan laktasi. Bunda akan diajarkan cara-cara untuk meningkatkan produksi ASI, termasuk posisi yang nyaman dan tepat saat menyusui.

 Mempertimbangkan tindakan operasi untuk tongue-tie

Jika bayi mengalami tongue-tie, dokter anak biasanya akan menyarankan frenotomy, yaitu tindakan operasi untuk memotong jaringan tipis di bawah lidah agar lidah bayi bisa bergerak bebas dan mampu menghisap ASI dengan baik.

Cara untuk menaikkan berat badan bayi perlu disesuaikan dengan masalah yang mendasarinya. Jika Bunda tidak tahu mengapa berat badan Si Kecil tidak bertambah seperti seharusnya, bawalah Si Kecil ke dokter anak agar dapat dilakukan pemeriksaan.

Sumber: Alodokter dengan perubahan seperlunya.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "CARA MENAIKKAN BERAT BADAN SI MUNGIL YANG GAK NAIK-NAIK, MUJARAB!"

Terima kasih telah berkunjung di website kami