Hentikan Mengucek Mata, Sebelum Terlambat



JAGALAH MATA ANDA, SEBELUM TERLAMBAT! 


Apakah anda sering mengucek mata? Mengucek mata mungkin sering anda lakukan, apalagi jika kondisi mata sedang gatal atau sehabis bangun tidur atau ketika terkena debu. Ya, mengucek mata ketika mengalami salah satu kondisi tadi memang terasa nyaman pasalnya hal tersebut bisa meransang keluarnya air mata untuk melumasi mata yang kering.

Sebenarnya, mengucek mata jika dilakukan hanya sesekali tidaklah mengapa, bahkan baik untuk kesehatan mata. Menekan mata dapat merangsang saraf vagus yang berada di sekitar mata sehingga memperlambat denyut jantung dan membantumu lebih rileks. Akan tetapi, jika mengucek mata dilakukan secara berlebihan, maka hal itulah yang membawa dampak negative pada mata kita. Lalu, apa saja kah dampak berbahaya saat kita terlalu sering mengucek mata, berikut penjelasannya;

·          Iritasi kelopak mata

Iratasi kelopak mata biasanya terjadi pada wanita, karena umumnya wanita senang menggunakan make up. Make up yang digunakan wanita mengandung bahan kimia. Bahan kimia inilah yang akan masuk ke dalam kornea mata apabila mata sering dikucek. Jika dibiarkan, kerusakan kornea dapat mengganggu penglihatan, bahkan menyebabkan kebutaan.

·          Mata berdarah

Maksud dari mata berdarah di sini bukanlah berarti mata yang mengeluarkan darah, tetapi suatu kondisi saat bagian putih mata berubah warna menjadi merah akibat gumpalan darah. Mata berdarah yang disebabkan oleh kebiasaan mengucek mata bisa terjadi karena pembuluh darah kecil yang ada di dalam mata pecah akibat tekanan jari.

Jadi, mulai sekarang hindari kebiasaan mengucek mata, ya! Kalaupun terpaksa harus mengucek mata karena rasa gatal yang tidak tertahankan, mungkin cara berikut bisa menjadi solusi aman untuk menghilangkan rasa gatal pada mata, diantaranya

·     Lepa soft-lense ( lensamata)  jika kamu sedang memakainya.
·     Bilas mata dengan larutan khusus untuk mencuci mata.
·     Kompres mata dengan waslap yang sudah direndam air dingin.
·     Teteskan obat tetes mata, agar mata terasa lebih nyaman.




Nah, agar matamu tidak mengalami masalah seperti yang telah disebutkan di atas, jangan sering-sering mengucek mata lagi ya.

Sumber : Alodokter dengan perubahan seperlunya


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Hentikan Mengucek Mata, Sebelum Terlambat"

Post a comment

Terima kasih telah berkunjung di website kami

Iklan Atas Artikel

Earn Money

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...