CARA MENGATASI MATA BELEKAN BAYI BARU LAHIR, CATATAN DARI AHLI!


BAYI BELEKAN, AH BIASA...TAPI WASPADA PARA IBU

BACA SOLUSI DARI AHLI YA


Bayi yang baru lahir memang masih rentang terhadap penyakit. Itu disebabkan karena sistem kekebalan tubuh bayi masih berkembang. Salah satu penyakit yang sering menyerang bayi adalah mata belekan. Mata belekan pada bayi memang merupakan kondisi normal jika muncul pada kondisi tertentu misalnya pada waktu bangun tidur. Namun, jika hal ini berlangsung lama maka orang tua perlu waspada karena ini pertanda bayi seedang mengalami gangguan pada matanya.

Beberapa faktor yang menjadi penyebab terjadinya mata belekan pada bayi diantaranya:

Saluran air mata yang belum berkembang secara sempurna

Belekan yang terjadi pada bayi umumnya disebabkan karena perkembangan saluran air mata bayi yang belum sempurna.  Akibatnya, air mata yang seharusnya mengalir ke permukaan mata, jadi tertahan di sudut mata, sehingga menyebabkan terbentuknya kotoran atau belek di mata bayi. Namun Anda tidak perlu khawatir, sebab kondisi ini biasanya akan sembuh dengan sendirinya.

Infeksi
Infeksi yang terjadi pada mata bayi juga bisa menjadi penyebab terjadinya belekan. Infeksi ini terjadi ketika proses persalinan normal, dimana virus atau bakteri dari ibu dapat ditularkan pada bayi. Resiko ini akan semakin besar jika ibu menderita infeksi jalan lahir seperti gonore atau herpes. Bila tidak ditangani dengan cepat bisa mengakibatkan kebutaan pada bayi.

Namun, para orang tua tidak perlu terlalu khawatir karena penanganan yang tepat pada mata bayi yang belekan akan mempercepat proses penyembuhannya. Yang perlu dilakukan oleh orang tua adalaah dengan mencuci bersih tangan anda sebelum dan sesudah membersihkan belek pada mata Si Kecil. Siapkan kapas atau beberapa beberapa cotton bud yang bersih, dan air hangat. Selanjutnya, basahi kapas atau cotton bud dengan air hangat. Kemudian usap mata Si Kecil, dari sudut mata bagian dalam ke sudut mata bagian luar secara perlahan. Ulangi tindakan ini hingga mata si Kecil bersih dari belek dan kerak. Ada yang harus Anda perhatikan yaitu ganti cotton bud atau kapas acap kali mata diusap. Satu usapan untuk satu kapas, atau Anda dapat menggunakan jari kelingking untuk memijat sudut mata bayi yang dekat hidung, dengan gerakan perlahan. Jangan berbagi handuk atau kain lap bayi, guna menghindari kontaminasi jika ada infeksi.


Kapan Harus Mewaspadai Mata Bayi Belekan?
Meskipun mata belekan pada bayi bukanlah penyakit yang serius alias tidak terlalu mengkhawatirkan. Namun, para orang tua harus tetap waspada jika belekan yang terjadi pada mata bayi disertai gejala-gejala lain, sperti:
·         Munculnya kotoran mata berwarna kekuningan atau kehijauan.
·         Adanya nanah pada mata bayi.
·         Jika bayi mengeluarkan air mata secara berlebihan.
·         Jika bayi sering menggosok mata atau tampak kesakitan.
·         Jika bayi kesulitan untuk membuka kedua matanya.
·         Jika struktur mata atau kelopak mata bayi tampak tidak teratur.

Apabila tanda-tanda di atas sedang terjadi pada bayi anda maka ada baiknya segera mambawanya kepada dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik.
Sumber : alodokter.com dan perubahan seperlunya


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "CARA MENGATASI MATA BELEKAN BAYI BARU LAHIR, CATATAN DARI AHLI! "

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung di website kami