Hati-hati ! Doa ‘Tidak Mustajab' karena Menitipkannya Ke Orang Lain, Apakah Benar?


Allah memberikan kita fasilitas berupa doa yang dipanjtakan keharibaan-Nya demi semua keinginan atau hajat yang kita inginkan. Kerap selain diri kita sendiri berdoa, kita juga menitip doa kepada orang lain. Secara ilmunya benar adanya ternyata doa tidak cukup musatajab dibanding cara mendoakan orang lain dengan cara berdoa ini.
Ilustrasi 1 : hamba Allah berdoa, Source : Google


Apa tata cara mendoakan orang lain yang lebih mulia itu ?
Bagaimana caranya ?

Jawabannya :

Mendoakan orang lain ‘secara diam-diam tanpa’ sepengetahuan yang didoakan serta tanpa diminta

Ternyata doa ini cukup mujarab dibanding si yang punya hajat menitip doa , ada penjelasan yang mengutarakan mengapa mendoakan orang lain yang seperti sembunyi-sembunyi ini justru memiliki beberapa kemuliaan . Sebagai suatu contoh kasus nyata . Penderitaan yang dialami orang lain kerap kali kerap kali membuat hati terenyuh. Sadar atau tidak terkadang kita diam-diam mendoakan agar orang yang didera derita tersebut mendapatkan kelapangan.
Perbuatan ini memang hanya menjadi rahasia anda dan Allah SWT. Sementara orang yang didoakan, tidak pernah tahu bahwa kelapangan yang Ia peroleh didapatkan karena Allah SWT mendengar doa orang lain untuknya. Walaupun tidak ada yang tahu anda turut mendoakan kebaikan atas  orang lain, namun Allah SWT maha mengetahui. Berita baiknya, anda akan mendapatkan banyak keutamaan ketika mendoakan orang lain diam-diam.

Ilustrasi seorang wanita berdoa , source : Google

***
Apa saja keutamaan tersebut? Berikut ringkasanya.
Agama Islam sangat menjunjung kasih sayang terhadap sesama muslim. Hal ini menjadi sunnah hassanah yang diturunkan secara turun temurun dari Nabi-nabi sebelum Muhammad SAW. Mereka senang kalau kaum muslimin mendapatkan kebaikan, sehingga mereka pun mendoakan saudaranya diam-diam tatkala mereka mendoakan diri mereka sendiri.
Rasulullah bersabda “Tidak beriman salah seorang di antara kalian sampai dia mencintai untuk saudaranya apa yang dia cintai untuk dirinya sendiri.”

Berita baiknya doa ini faedahnya menjadi 2 kali lipat karena malaikat akan mendoakan dirinya seperti apa yang dimintakan terhadap orang itu. 
Rasulullah kemudian berkata

Tidak ada seorang muslim pun yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya (sesama muslim) tanpa sepengetahuannya, melainkan malaikat akan berkata, “Dan bagimu juga kebaikan yang sama,”
Ternyata mendoakan kebaikan sesama Muslim merupakan salah satu doa yang mustajab. Mendoakan orang lain dengan keikhlasan dan ketuluasan selain memberi manfaat kepada orang lain ternyata juga akan berdampak terhadap diri sendiri . Itulah mengapa Rasulullah SAW memberikan teladan agar saling mendoakan sesama muslim. Karena Allah memberikan perhatian khusus terhadap hal ini, yakni dengan mendatangkan malaikat untuk mengaminkan langsung doa  baik yang dipanjatkan orang lain tersebut.

Karenanya jika mendoakan diam-diam, tentu saja doa yang sama akan kembali kepadanya  dan potensi dikabulkannya doa akan lebih besar dibandingkan jika kita mendoakan untuk diri  sendiri.

***
Mengapa kita lebih baik tidak menitip doa kepada orang lain ?

Penjelasannya :

Doa ini hanya mustajab jika orang yang kita doakan tersebut tidak mengetahui jika kita sedang mendoakan kebaikan untuknya. Jika dia mengetahui bahwa dirinya didoakan maka lahiriah hadits menunjukkan malaikat tidak meng’amin’kan, walaupun tetap saja orang yang berdoa mendapatkan keutamaan karena telah mendoakan saudaranya. Dengan mendoakan orang lain diam-diam, maka  akan lebih menjaga keikhlasan dan lebih berpengaruh dalam kasih sayang dan kecintaan.
Semoga mulai hari ini kita akan dengan ikhlas mendokana kebaikan saudara/I muslim kita tanpa diminta atau tanpa menunggu orang menitip doa kepada kita
Semoga mulai hari ini dan seterusnya kita selalu mendoakan saudara-saudara sesama muslim dalam kebaikan, tidak pelit untuk turut memohon kepada orang lain diberi kelapangan, dan bahagia melihat kebahagiaan orang lain.

Salam edukasi dan inspirasi

Rewrite : La Topanrita

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Hati-hati ! Doa ‘Tidak Mustajab' karena Menitipkannya Ke Orang Lain, Apakah Benar?"

Post a comment

Terima kasih telah berkunjung di website kami

Iklan Atas Artikel

Earn Money

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...