PENGALAMAN MENGURUS VISA STUDI- BEASISWA VLIR UOS -Belgia

Hello, selamat datang kembali di website saya LATOPANRITA, gudangnya informasi yang edukatif dan inspiratif


Sudah hampir dua tahun sejak saya di Belgia dan mulai perkuliahan sejak  September 2018, saya belum sempat membuat proses pengurusan visa studi Belgia. Semoga saya mengingat langkah-langkahnya ya, dan mohon maaf baru bisa bikin sekarang. Maklum setelah kuliah terlalu banyak hal yang berubah dan dituntut fokus ke kuliah dulu,
Nah mumpung banyak waktu gara-gara corona dan lockdown akhirnya ada waktu yang cukup banyak, meski sibuk sama thesis (Mohon doanya ya teman-teman bisa lulus September 2020 ini)
Ok langsung saja tanpa berlama-lama mari kita bahas secara detail langkah dan proses saat memulai mengurus VISA, artikel sebelumnya tentang legalisir dokumen untuk mendapatkan OFFICIAL ADMISSION LETTER (LOA) dari kampus ( Ghent University) bisa di klik di tautan PENGALAMAN LOLOS BEASISWA -PART 3
Jadi saat saya sudah mendapatkan LOA dari kampus setelah berjuang di Jakarta urus sana sini dari tingkat desa hingga ke Jakarta sangat keras perjuangannya. Namun percayalah perjuangan yang dilalui pasti akan berbuah hasil ( kok jadi seperti motivator ya)

Jadi sebagai langkah terakhir tentunya ini paling menyenangkan dan menantang karena tidak jarang deadline dan kondisi riil di lapangan tidak sesuai, padahal ini langkah terakhir sebelum benar-benar terwujud mimpi ke Eropa.  Saya hampir saja tidak jadi berangakt ke Belgia (jangan dicontoh ya) - akan diceritakan di blog selanjutnya. 

Pada dasarnya berikut dokume yang teman-teman butuhkan saat apply VISA Belgia :


Dokumen utama ( sangat wajib)
1. Passsport yang masih berlaku minimal 12 bulan 
2. Medical Certificate daro dokteryang dirujuk dan cuma ada di Bali, Surabaya dan Jakarta yang diakui Kedutaan Belgia 
3. Formulir VISA yang bisa didownload pada link DISINI
4. Letter of Admission dari Kampus Tujuan (yang prosesnya bisa dilihat DISINI)
5. SKCK dari POLDA atau lebih baik MABES Polri lebih baik
6. VLIR DGD CertIficate ( Surat Pengantar dari VLIR bahwa kita sudah bisa mengurus VISA) -dikirim langsung ke emabssy dan dinotfikasi via email 


*Dokumen ini (SKCK) harus diLegalisir dengan prosedur legalisasi sama seperti proses legalisasi dokumen untuk mendapatkan admission Letter ( saat itu saya pakai dari POLDA Makassar) yang terlebih dahulu ke POLRES Sidenreng Rappang ( tempat kelahiranku), dan blibet minta pemgantar dulu dari yang terendah pokoknya IKUTI ALUR RT/RW--> Polsek --> Polres ---> Polda/Mabes RI (memag harus sabar)! 

Selain dokumen utama diatas ada DOKUMEN PENDUKUNG yang sangat penting juga agar mempermudah aplikasi VISA kiat diterima diantaranya: 

1. Lettef of Guarantee (LOG)- Surat Kontrak Beasiswa dr VLIR UOS
2. Letter of Acceptance (LOA)
3. Insurance ( Asuransi) 
4. Scholarship Acceptance - dari VLIR UOS 
5. E-Ticket Flight ( Tiket Digital dari Panitia VLIR UOS)
6. Transcript dan Ijasah  ( buat jaga-jaga saja) in case diminta lagi meski sudah diserahkan saat proses LOA- usahkan sudah dilegalisir ( disarankan) meskipun saat itu pihak kampus disini tidak meminta lagi ijasah + transkrip terlegalisir. Its always better to prepare just to avoid missed-document!
7. Dua lembar Photo Berwarna putih ukuran 3,5 x 4,5 cm yang bisa didapatkan dari studio atau photobooth di Kedutaan
Teman-teman sisa bawa semua dokumen tersebut jika sudah lengkap dengan biaya 20 Euro ( 300 rb)/dokumen jika kita penerima beasiswa VLIR UOS maka semua ditanggung. Alhamdulillah!
Setelah dokumen diserahkan tunggu konfirmasi ketika VISA kita sudah jadi-- saya sangat menyarankan untuk tidak membiasakan mengurus dokumen secara mendadak kecuali sama seperti kasus saya karena tidak berdomisili di Jakarta -dan mendadak pula akhirnya saya masih pakai agen supaya lebih aman -agen yang saya gunakan selama proses LOA sampai VISA dan sangat terpercaya bisa dilihat DISINI. Namun tentu saja merogoh gocek ( untung saya ada yang bantu dan ada sisa uang kerja online writer) kalo gak,,,,GAK bisa ke BeLgia guyss...
FYI: saya dapat pemberitahuan mengurus VISA Mei 2018, baru diurus Juli 2018 sehingga ada 2 bulan terbuang karena satu dan lain hal, jangan dicontoh ya!
Padahal kalau urus sendiri tidak sebanyak itu keluar biaya buat bayar agen!
udah gitu saya tinggal di Jakarta cukup lama cuma sekedar nunggu  ibu agennya mengeksekusi dokumen saya yang saat itu sangat dramatis kayak sinetron,,,tunggu cerita selanjutnya!

Berikut beberapa photo dokumen yang saat itu saya gunakan beserta capture notifikasi email:
Scholarship Acceptance dari VLIR UOS 

LOG (Letter of Guarantee) -Kontrak Beasiswa


Email notifikasi URUS VISA dari pihak Kampus +VLIR


TTD Legasilir yang bikin kantong kering! 

Semangat terus ya! Semoga kali ini anda yang lolos menerima VLIR UOS!

Kisah perjuangan beasiswa VLIR UOS bisa dibaca dilink ditautan dibawah ini ya :


Pengalaman LOLOS Beasiswa VLIR UOS Belgia 2018 -Part 1Pengalaman LOLOS Beasiswa VLIR UOS Belgia 2018- Part 2Pengalaman LOLOS Beasiswa VLIR UOS Belgia 2018 Part 3

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "PENGALAMAN MENGURUS VISA STUDI- BEASISWA VLIR UOS -Belgia"

Post a comment

Terima kasih telah berkunjung di website kami

Iklan Atas Artikel

Earn Money

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...